Trends

FASILKOM Mercu Buana Ikut Persiapkan Skill Guru Dalam Era Industri 5.0

FASILKOM Mercu Buana Ikut Persiapkan Skill Guru Dalam Era Industri 5.0

Penerapan Information and Communication Technologies (ICT) pada berbagai industri terbukti dapat meningkatkan kapasitas perusahaan atau organisasi untuk berkompetisi pada pasar abad 21. Ditambah pada masa pandemi COVID-19 memaksa seluruh organisasi menjalani kegiatannya melalui daring, sehingga pemanfaatan teknologi informasi berkembang menjadi lebih baik.

Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) Universitas Mercu Buana (UMB) telah melakukan kerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Reformasi dalam menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Meyiapkan Pendidik Profesional di Era Industy Society 5.0”. Acara ini diadakan pada tanggal 16 Februari 2023, yang dihadiri oleh para-Guru dari SMK Reformasi.

Studi pengenalan AI di Lingkungan Pendidikan yang dipaparkan oleh Dwi Wulandari Sari, S.Kom.,M.Kom (2) Implementasi Teknologi AI pada Teks dan Video untuk Mendukung Pembelajaran Pada SMK Reformasi oleh Kurnia Gusti Ayu,S.Kom.,M.Kom. (3) Pemanfaatan Chatbot dalam Membantu Proses Pembelajaran yang Berbasi AI, oleh Sulis Sandiwarno, S.Kom.,M.Kom. (4) Pemanfaatan Pivot Table untuk Membuat Laporan di SMK Reformasi oleh Aryani Wardhani, S.Kom, M.Kom dan (5) Pemanfaatan Excel Dashboard untuk Mendukung Kegiatan Pendidikan oleh Muhammad Irvan, S.Kom, M.Kom

Penyelenggaraan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini secara resmi dibuka oleh Bapak Sulis Sandiwarno, S.Kom.,M.Kom. Dalam sambutannya, menyoroti perkembangan teknologi informasi yang dapat membantu dalam proses pendidikan, dan berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membantu para Guru di SMK Reformasi untuk dapat memanfaatkan perkembangan tersebut. Selain itu, melihat generasi milenial yang sangat akrab dengan teknologi digital maka pemanfaatan teknologi informasi melalui media digital sudah perlu digalakkan dan ditingkatkan.

Bapak Alo Saripudin, S.Kom selaku Kepala Sekolah dari SMK Reformasi sangat menyambut baik kerjasama yang terbangun antara Universitas Mercu Buana (UMB). “Kerjasama dan kegiatan ini seperti gayung bersambut, karena sejak pandemi COVID-19, pihak Sekolah diminta untuk lebih berperan dalam memanfaatkan teknologi informasi. Peserta yang mendaftar untuk kegiatan ini mencapai 25 peserta yang terdiri dari beberapa Guru di SMK Reformasi. Peserta memberikan respon yang sangat baik dalam kegiatan ini, mereka menilai narasumber dapat memberikan informasi yang mudah dipahami, persuasif, informatif, dan inovatif. Ketertarikan peserta untuk dapat menggunakan AI dan Microsoft Excel dalam membantu proses pendidikan sangat tinggi, terlihat dari banyaknya pertanyaan mengenai penggunaan AI (text maupun image recognize) dan pembuatan laporan dengan Mirosoft Excel dalam menunjang proses pendidikan. Selain itu, sosialisasi mengenai pengetahuan terhadap pemanfaatan Pivot Table dan pemanfaatan Excel Dashboard untuk membuat laporan di SMK Reformasi juga mendapatkan sambutan yang hangat dari peserta kegiatan PKM.

Dari seluruh rangkaian kegiatan PKM yang telah dilakukan, besar harapan semoga apa yang telah disampaikan oleh pihak Universitas Mercu Buana (UMB) dapat memberikan sedikit gambaran mengenai pengetahuan dan pengalaman baru dari perkembangan teknologi informasi, serta dapat membantu beberapa organisasi dalam membantu proses pembelajaran di SMK Reformasi. Kemudian, Universitas Mercu Buana (UMB) dan SMK Reformasi berharap untuk dapat lebih bersinergi kedepannya sehingga dapat menciptakan manfaat yang lebih banyak bagi masyarakat.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved