Strategy

Kimia Farma Buka 15 Outlet dan Bidik Pasar E-commerce

Bagi PT Kimia Farma Apotek (KFA), tahun 2023 merupakan masa penuh harapan dan tantangan. Hal ini dibuktikan dengan keberanian BUMN farmasi itu untuk ekspansi membuka 15 cabang baru outlet KKFA).

Selain outlet KF PIK tempat berlangsungnya acara pembukaan secara hybrid, masih ada 14 outlet lainnya yang dibuka yaitu KF Jaten Surakarta, KF Sultan Ageng Cirebon, KF Meruya Jakarta, KF Kalideres Jakarta, KF Cempaka Putih 2 Jakarta, KF Zamzam Bukittinggi, KF Babatan Surabaya, KF Kutisari Surabaya, KF Pasir Kuda Bogor, KF Aikmel Mataram, KF Kedaton Lampung, KF Mimika Baru Jayapura, KF 27 Palang Merah Medan, dan KF Paus Pekanbaru. Jaringan apotek terbaru ini tidak hanya menyediakan obat-obatan, tetapi juga produk-produk kecantikan, baby & child care, personal care, alat kesehatan, serta produk-produk kesehatan lain yang diminati oleh masyarakat.

Ekspansi berikutnya dilakukan KFA dengan merambah bisnis berbasis online atau e-commerce. Langkah ini diwujudkan dengan menggandeng Tokopedia dan Livin’ Sukha dari Bank Mandiri. Melalui kerja sama tersebut berbagai produk KFA dapat dinikmati di Kimia Farma Apotek Official Store Tokopedia dan dapat juga melalui aplikasi Livin’ pada Mandiri Mobile App melalui menu Sukha.

“Kerja sama ini dilakukan dalam rangka menggarap peluang pasar e-commerce di Indonesia yang secara potensi masih cukup besar. Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia sukses menarik minat masyarakat untuk berbelanja online dengan beragam tema menariknya. Kami senang dan antusias dapat berpartisipasi di dalamnya,” tutur Agus Chandra, Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek.

Agus menyampaikan, kolaborasi KFA dengan Bank Mandiri melalui Livin’ Sukha juga merupakan salah satu bentuk nyata sinergi BUMN. Tujuannya menyajikan layanan berbelanja produk kesehatan secara mudah melalui aplikasi Livin’ Sukha.

Selain itu, di tengah maraknya kasus positif Covid-19 yang kembali melonjak, KFA berperan aktif dalam Program Vaksinasi Nasional untuk mewujudkan Indonesia Bebas Covid-19, khususnya di beberapa titik pembukaan outlet baru. Vaksinasi Sinopharm tersebut gratis untuk masyarakat umum. Program ini akan berlanjut di Klinik Kimia Farma sampai tanggal 31 Mei 2023.

“Adanya peningkatan kasus Covid-19 belakangan ini membuat kita perlu semakin waspada. Untuk meminimalisir lonjakan kasus tersebut, kuncinya adalah menjaga protokol kesehatan dan juga menggiatkan kembali program vaksinasi Covid-19,” ujar Agus.

KFA merupakan anak perusahaan PT Kimia Farma Tbk dengan jaringan apotek terbesar dan penyedia layanan kesehatan di Indonesia. KFA menyediakan solusi farmasi dan perawatan kesehatan yang komprehensif, mulai dari obat umum (OTC), obat dengan resep, vitamin, produk nutrisi, produk perawatan kulit, produk kecantikan, alat kesehatan serta produk kesehatan lainnya. KFA memiliki lebih dari 1.200 outlet yang berlokasi di seluruh Indonesia.

Agus menyebut, KFA memiliki apoteker dan staf berpengalaman, dengan seksama mendengarkan kebutuhan pelanggan dan kemudian memberikan saran dan solusi yang profesional. Juga, KFA meluncurkan aplikasi Kimia Farma Mobile yang memungkinkan pelanggan dengan mudah mengakses berbagai macam produk farmasi, perawatan kesehatan, produk kecantikan, dan alat kesehatan. Melalui layanan ini, pengguna bisa menentukan outlet pilihan mereka.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved