Marketing Trends

Pengiriman Saat Ramadan Naik 20%, Lion Parcel Tingkatkan Customer Experience

Kurir Lion Parcel. (Dok. Lion Parcel)

Pengiriman logistik melalui Lion Parcel mengalami peningkatan lebih dari 20% pada volume pengiriman sepanjang bulan Ramadan 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun lalu. Adanya peningkatan ini seiring meningkatnya antusiasme belanja kebutuhan Ramadan dan persiapan Lebaran di social commerce.

Makassar mencatat perkembangan yang sejalan dengan pertumbuhan ini, di mana revenue di area tersebut meningkat lebih dari 15% pada bulan Ramadan 2023. Salah satu faktor pendorong adalah antusiasme belanja online masyarakat Sulawesi Selatan di e-commerce sejak tahun lalu, menyentuh Rp 5,67 triliun atau tumbuh 19,5% year-on-year.

“Sebagai Ibu Kota Sulawesi Selatan, Makassar menjadi salah satu kota fokus Lion Parcel untuk dikembangkan. Berbagai strategi telah disiapkan untuk menunjang potensi yang ada, termasuk perkembangan infrastruktur dan jaringan secara berkala, perluasan jumlah agen untuk meningkatkan aksesibilitas layanan, hingga pendekatan market secara mendalam sesuai dengan kebutuhan lapangan,” kata Benno Suryo Ariantoputro selaku Head of Brand Lion Parcel, Kamis (11/05/2023).

Menurut Benno, sejalan dengan perkembangan permintaan, Lion Parcel meningkatkan pengalaman pelanggan (Customer Experience) sebagai faktor penting pada layanannya. Berbagai Inisiatif dan inovasi telah dilakukan untuk menciptakan Customer Experience yang lebih seamless di antaranya integrasi customer journey lewat pengembangan touchpoints pelanggan secara end-to- end, termasuk aplikasi Lion Parcel.

“Aplikasi Lion Parcel kami jadikan one-stop solution yang dapat meningkatkan aksesibilitas. Lewat aplikasi ini, para pelanggan bisa mengakses berbagai informasi dan layanan Lion Parcel, mulai dari melakukan permintaan pick-up, ongkos kirim, status resi pengiriman secara realtime, memeriksa harga ongkos kirim, berbelanja di platform toko online Lion Parcel, Bisa Belanja, hingga loyalty program Parcel Poin,” katanya.

Selanjutnya Lion Parcel melakukan pengembangan Customer Relationship Management (CRM) yang terintegrasi, baik dengan sistem internal, seperti website, aplikasi, OMS (Order Management System), maupun sistem eksternal seperti payment gateway dan partner asuransi. Seluruh touchpoints pelanggan seperti WhatsApp dan sosial media juga turut terintegrasi guna memastikan seluruh permintaan pelanggan dapat ditangani dengan baik.

Lion Parcel juga mengenalkan virtual assistant Liona untuk layanan pelanggan yang lebih praktis dan mudah diakses dari mana saja dan kapan saja. Liona hadir pada berbagai platform yang siap membantu setiap pelanggan atau calon pelanggan yang sedang mencari informasi seputar Lion Parcel dan layanannya.

“Seiring dengan meningkatnya permintaan pelanggan terhadap layanan logistik Lion Parcel, penting bagi kami untuk fokus memastikan bahwa mereka tetap mendapatkan pengalaman pelanggan terbaik. Oleh karena itu, Lion Parcel berkomitmen untuk terus memberikan Customer Experience terbaik bagi para pelanggan secara end-to-end,” kata Dewi Fatnim, Customer Experience Manager Lion Parcel.

Dewi yakin seluruh inisiatif, program, dan Customer Experience, baik dengan skala lokal maupun nasional, dapat terus mendukung kebutuhan pengiriman masyarakat di Makassar dan sekitarnya. “Juga meningkatkan proses distribusi barang Tanah Air, serta mewujudkan target peningkatan volume pengiriman Lion Parcel hingga 45% pada akhir tahun 2023,” kata Dewi.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved