Management Trends

Jurus Kenangan Brands Wujudkan Sustainability pada 2030

Group CEO of Kenangan Brands Edward Tirtanata (Foto: Ubaidillah/Swa)

Sejak berdiri tahun 2017, Kopi Kenangan (berkembang menjadi Kenangan Brands) fokus untuk membangun bisnis yang sehat dan berkelanjutan. Untuk mencapai hal tersebut, Kenangan Brands memperkenalkan strategi baru yang akan menjadi standar perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.

Group CEO of Kenangan Brands Edward Tirtanata mengatakan sebagai grup F&B berkonsep New Retail di Indonesia, Kenangan Brands sadar bahwa perusahaan yang berkelanjutan (sustainable) harus menjadi perusahaan yang sehat secara finansial (profitable), sehingga dapat mendukung berbagai faktor lingkungan, sosial, tata kelola (ESG).

“Kenangan Brands memiliki target untuk menjadi perusahaan yang sustainable sekaligus profitable pada tahun 2030. Bergerak di bidang F&B, beberapa strategi seperti ekspansi gerai, inovasi produk, juga upaya pemasaran yang intensif telah dilakukan Kenangan Brands untuk menjalankan bisnis yang sehat guna membangun profitabilitas positif. Namun, perusahaan sadar bahwa strategi yang holistik diperlukan untuk memastikan bisnis dapat berkembang di ranah berkelanjutan,” ujar Edward, Rabu (17/5/2023).

Untuk mewujudkan perusahaan yang sustainable, saat ini telah mulai menerapkan eco-friendly operations dengan fokus utama untuk mencapai Zero Waste to Landfill. Pada tahun 2030, diharapkan Kenangan Brands dapat berhasil mencegah sampah operasional masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA), dengan cara mengurangi sampah dan bekerja sama dengan mitra terpercaya untuk mendaur ulang sampah-sampah tersebut. Kenangan Brands juga akan mendonasikan makanan-makanan hasil produksi yang layak konsumsi kepada orang-orang yang membutuhkan.

Kenangan Sustainability Journey 2030

Kenangan Sustainability Journey 2030 adalah strategi Kenangan Brands untuk mencapai target-target berkelanjutan perusahaan. Strategi ini dirancang berdasarkan pedoman-pedoman ESG dan juga Sustainability Development Goals 2030 yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dalam menjalankan strategi ini, Kenangan Brands membagi setiap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 dalam 4 pilar. Pertama, Happy People. Pilar ini bertujuan untuk menyejahterakan sekitar 6.000 karyawan operasional maupun head office Kenangan Brands. Perusahaan menargetkan untuk menjaga angka 0 (zero) major incident melalui berbagai SOP dan pelatihan yang mumpuni. Selain itu, Kenangan Brands menragetkan kesetaraan gender agar tahun 2030, perusahaan bisa memiliki 50% karyawan wanita dan pria yang setara, baik di level manajemen maupun level operasional.

Kedua, Protect Our Planet. Sesuai dengan namanya, pilar ini bertujuan untuk melindungi lingkungan dengan menjaga dan mengatur efisiensi penggunaan energi dan emisi, sekaligus mencegah seluruh sampah operasional Kenangan Brands berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA). Perusahaan telah melakukan kalkulasi awal untuk penggunaan energi dan emisi CO2, air, serta sisa ampas kopi pada tahun 2022, dan menargetkan untuk mengurangi 15% penggunaan energi, dan juga 10% penggunaan air pada tahun 2030.

Ketiga, Great Coffee. Meskipun Kenangan Brands tidak hanya memiliki produk kopi, Edward menjelaskan, kopi adalah DNA yang membentuk perusahaan menjadi seperti sekarang. Great Coffee adalah pilar berkelanjutan yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan inovasi produk, sehingga dapat terus menjaga profitabilitas Kenangan Brands.

“Selain menjaga sertifikasi keamanan pangan seperti HACCP dan Halal, perusahaan juga berharap seluruh gerai Kenangan Brands mendapatkan Sertifikasi Usaha Pariwisata (SUP). Inovasi dan pengembangan produk juga akan terus digencarkan sehingga pada tahun 2030, ekspansi gerai dapat mencapai setidaknya 5 negara di Asia Tenggara,” ujarnya.

Keempat, Strong Communities. Selain ranah internal, Kenangan Brands juga ingin mengambil peran untuk berkontribusi kepada komunitas sekitar agar dapat secara bersama-sama menjadi lebih kuat. Mulai dari memperhatikan komunitas supplier lokal dengan memberikan berbagai bantuan infrastruktur maupun bantuan akademis atau keterampilan, perusahaan juga ingin mengajak masyarakat melalui berbagai kampanye sosial untuk lebih aktif dalam memperhatikan sampah konsumsi mereka, khususnya sampah plastik.

“Infusing purpose into every drop we brew, merupakan tagline kami dalam strategi keberlanjutan, yang mengingatkan kami bahwa setiap gelas kopi yang kami sajikan kepada konsumen memiliki suatu arti dan tujuan yang lebih dari sekedar minuman. Setiap langkah bisnis yang kami ambil untuk menciptakan setiap gelas Kopi Kenangan akan selalu difokuskan pada suatu tujuan, yaitu menciptakan masa depan yang lebih baik,” kata Edward.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved