Property

CEO & Leaders Forum PropertyGuru Berharap Mudahkan Aturan Kepemilikan Properti WNA

Marine Novita, Country Manager Rumah.com (Foto: Ist)

Peluang baru mungkin muncul karena relaksasi kebijakan yang baru-baru ini dikeluarkan mengenai aturan kepemilikan properti bagi warga asing di Indonesia, menjadi latar belakang isu dari diskusi CEO & Leaders Forum PropertyGuru Indonesia yang diadakan pada 16 Mei 2023 di Langham Jakarta.

Forum ini diikuti oleh para pemimpin industri dan petinggi pemerintahan, yang diselenggarakan oleh portal properti Rumah.com bekerja sama dengan PropertyGuru For Business dan PropertyGuru Asia Property Awards.

Indonesia bersiap menyambut dampak positif dari Omnibus Law Cipta Kerja yang disahkan pada Maret 2023. Undang-undang tersebut bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja, menarik investasi asing dan domestik, serta merangsang perekonomian.

Pada pembahasan undang-undang baru Indonesia di CEO & Leaders Forum yang sebelumnya telah diadakan pada Perayaan Gala PropertyGuru Indonesia Property Awards ke-9, telah diakui bahwa pencapaian pengembang real estate merupakan pencapaian terbaik, termasuk perusahaan di balik pengembangan industri utamanya, hingga di platform internasional.

Diskusi lanjutan kali ini, akan dipandu oleh Marine Novita, Country Manager Rumah.com dengan beberapa orang pembicara antara lain Paulus Totok Lusida, sebagai ketua Real Estate Indonesia (REI) dan Asosiasi Real Estate Indonesia; Dr. Hapendi Harahap, Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Pencatat Hak Tanah (PP IPPAT); Suyus Windayana, Dirjen Penetapan dan Pendaftaran Hak Atas Tanah (PHPT) Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR BPN); dan Winston Lee, Direktur Projek Khusus di PropertyGuru Group.

Forum juga akan dibuka dengan n sambutan khusus dari Jules Kay, General Manager PropertyGuru Asia Property Awards and Events, dan Vivin Harsanto, Ketua Dewan Juri Independen PropertyGuru Indonesia Property Awards dan Senior Director & Head of Advisory JLL Indonesia.

Di antara banyaknya ketentuan yang ditetapkan dalam Omnibus Law 2023 salah satunya adalah pedoman longgar untuk mempekerjakan tenaga kerja asing dan perpajakan warga negara asing yang memperoleh penghasilan di luar negeri, yang dapat menjadi stimulus untuk kepemilikan properti. Undang-undang tersebut juga diharapkan dapat membantu pemulihan sektor pariwisata dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Indonesia.

Saat ini Indonesia pun terus menerima masuknya investasi asing, dengan beberapa perusahaan multinasional yang baru-baru ini mulai gencar dalam membangun pabrik-pabrik manufaktur dan industri di negara ini, hal tersebut dikutip dari penelitian dari Property Report by PropertyGuru.

Laporan Pasar Properti Rumah.com Q2 2023 menyebutkan, semua indikator menunjukkan pemulihan dari musiman akhir tahun sepanjang Q1 2023. Permintaan apartemen turut meningkat, tumbuh 15% dari kuartal ke kuartal lebih baik daripada minat permintaan untuk perumahan, di tengah pertumbuhan harga yang stagnan dibandingkan dengan wilayah Jabodetabek lainnya.

Menurut Marine, Indonesia memasuki dunia pascapandemi dengan tingkat kepercayaan akan kestabilan yang tinggi. Indonesia terbukti tangguh menghadapi turbulensi di tahun 2022. Kita memiliki semangat muda yang optimistis diiringi dengan reformasi hukum dan kelembagaan sepanjang Pemerintahan Presiden Joko Widodo yang dinilai baik. Omnibus Law, yang diperkenalkan pada tahun 2021, menawarkan banyak kemudahan di bidang investasi dan di sisi lain dapat memberikan jaminan yang sangat dibutuhkan.

“Menjelang tahun pemilu, masyarakat Indonesia mengalami dan merayakan banyak pembangunan infrastruktur baru, perubahan ibu kota, dan sarana mobilitas baru dalam kehidupan sehari-hari. Kami siap dan antusias untuk menikmati gaya hidup baru dan penawaran dari pengembang yang inovatif.” ujar Marine.

Menurut data dari Indonesia Property Market Report Q1 2023 yang dirilis Rumah.com, pencarian properti residensial dengan harga di atas Rp1 miliar terus meningkat, menandakan daya beli konsumen di tanah air masih terjaga. Indeks harga dan pasokan properti residensial di situs tersebut mencatat kenaikan tahunan moderat masing-masing sebesar 5,8% dan 6,8%, pada kuartal keempat tahun 2022.

Bob Koppes, Director of Strategy for Data and Software Solutions PropertyGuru Group, yang membuat presentasi khusus di forum tersebut, menambahkan: “Memanfaatkan data permintaan, penawaran, dan harga konsumen kami untuk memperoleh wawasan yang dapat ditindaklanjuti merupakan kekuatan yang luar biasa bagi pasar properti Indonesia karena, di antaranya hal lain, memungkinkan pengembang untuk mengoptimalkan penargetan iklan dan mempromosikan secara lebih efektif kepada pembeli properti lokal dan internasional.”

Untuk mendukung orang-orang berprestasi di pasar real estate Indonesia yang dinamis, the exclusive gala dinner and ceremony of the annual PropertyGuru Indonesia Property Awards akan diadakan di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place, the official venue of the Awards, pada hari Jumat, 15 September 2023. Entri yang memenuhi syarat akan diterima pada registrasi secara online yang akajn dibuka hingga7 Juli 2023 melalui online.

“Pasar properti Indonesia tetap bertahan, dan pencabutan pembatasan sosial dapat semakin memicu peningkatan aktivitas pasar. Hal ini didorong oleh permintaan positif untuk sektor perumahan dari beberapa tahun terakhir dari logistik pihak ketiga dan FMCG Industri real estate yang juga juga akan semakin diuntungkan dengan perluasan jaringan jalan tol serta projek infrastruktur transportasi,” kata Vivin Harsanto, Chairperson of The Independent Panel of Judges of the PropertyGuru Indonesia Property Awards & Senior Director and Head of Advisory at JLL Indonesia.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved