Technology Trends

Fitur Biaya Pendidikan Julo Dukung Pendidikan Indonesia Berkelanjutan

Dengan 50 juta siswa di lebih dari 250.000 sekolah, sistem pendidikan Indonesia tercatat sebagai negara sistem pendidikan terbesar ke-4 di dunia – setelah Tiongkok, India dan Amerika Serikat. Dengan potensi sedemikian luas, dunia pendidikan Indonesia masih dihadapkan oleh berbagai kendala utama, salah satunya fenomena putus sekolah.

Mengacu data Badan Pusat Statistik mencatat bahwa 67% di antaranya disebabkan oleh kendala ekonomi. Dengan 86% jumlah pengangguran terbuka didominasi oleh tingkat pendidikan setara dan di bawah SMA, kendala ini tentunya menjadi hambatan utama bagi masyarakat Indonesia untuk mampu meningkatkan kualitas hidup dan menjadi berdaya secara finansial.

Sebagai bentuk komitmen pemberdayaan masyarakat Indonesia, PT Julo Teknologi Finansial (Julo), perusahaan teknologi asal Indonesia menjadi pionir layanan kredit di bidang edukasi dengan fitur terbaru, Biaya Pendidikan. Fitu ini dapat digunakan oleh jutaan pengguna kredit digital Julo di lebih dari 250.000 institusi pendidikan di penjuru Indonesia sejak Maret 2023.

“Fitur Biaya Pendidikan menjadi satu-satunya layanan kredit digital perorangan di Indonesia yang memfasilitasi pembiayaan berbagai keperluan pendidikan secara menyeluruh, dari biaya sekolah, SPP, uang kegiatan, kuliah hingga pendidikan informal seperti pelatihan dan kursus,” ujar Head of Marketing Julo Mikhal Anindita mengklaim.

Mikhal menuturkan, fitur baru ini membawa angin segar di tengah penggunaan layanan serupa yang didominasi oleh pinjaman dana tunai dan Paylater untuk keperluan konsumtif semata. Memiliki visi untuk membuat masyarakat Indonesia menjadi lebih berdaya melalui kredit digital, rilis fitur pionir cicil biaya pendidikan ini merupakan komitmen Julo untuk melanjutkan rangkaian inovasi fitur – setelah rilis fitur tiket kereta pada Ramadan lalu.

Berkaca dari riset konsumen Julo bahwa 72% penggunaan kredit ditujukan untuk peningkatan kualitas hidup, termasuk biaya pendidikan, fitur cicil biaya pendidikan ini dapat membantu masyarakat Sabang sampai Merauke untuk menjadi lebih produktif dengan mengenyam pendidikan secara bebas – baik formal maupun informal – tanpa harus terkekang oleh batasan finansial. Pada bulan pertama rilis fitur ini telah digunakan konsumen lintas jenjang pendidikan dari SD, SMP, SMK, universitas di berbagai kota di Indonesia termasuk Medan, Pekanbaru, Jabotabek, Malang, Gorontalo, sampai Jayapura.

Berdiri sejak tahun 2016, Julo Kredit Digital berhasil mengembangkan layanan mencakup beragam fitur tunai dan non-tunai, dari isi dompet digital, bayar e-commerce hingga bayar tagihan online listrik, air, dan BPJS. Dengan fitur terbaru ini, pengguna dapat melakukan pembayaran kebutuhan biaya pendidikan dengan opsi cicilan bulanan sampai 9 bulan secara daring – cukup dengan mengisi detail institusi tujuan, informasi siswa, dan nominal pembayaran .

Kehadiran fitur Biaya Pendidikan ini menuai sentimen positif pengguna kredit dalam memenuhi kebutuhan pendidikan sanak keluarga. Yuyus, salah satu pengguna Julo – mengutarakan pendapatnya,.“Fiturnya keren, soalnya belum pernah lihat fitur kayak begini di aplikasi kredit lainnya. Fitur ini bakal membantu saya untuk fokus pakai pinjaman buat biaya sekolah anak”,” ujarnya. Hal serupa juga ditambahkan Dedi sebagai pengguna kredit konvensional. “Kalau ada fitur bayar pendidikan begini, pasti saya pakai. Soalnya kalau tarik dana tunai, uangnya suka kepakai dulu buat yang lain,” ucap Dedi.

CEO & Co-founder Julo Adrianus Hitijahubessy menuturkan, pada 2023 ini akan menjadi tahun dengan gebrakan inovasi bagi Julo. Selain inovasi dari segi kampanye dan fitur-fitur, Julo akan melangsungkan lebih banyak kerja sama dengan berbagai mitra strategis ke depannya dalam waktu dekat – seperti yang sudah dilakukan bersama Grab.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved