Marketing Trends

Permintaan Perjalanan Domestik dan Internasional Naik Jelang Libur Sekolah

Destinasi wisata Haipong. (Dok. Traveloka)

Data World Tourism Barometer ke-2 tahun 2023 yang dirilis oleh Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO) pariwisata internasional tumbuh 86% pada Kuartal I 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Diperkirakan 235 juta wisatawan melakukan perjalanan internasional dalam tiga bulan pertama 2023, lebih dari dua kali lipat dari periode yang sama tahun 2022.

Tren peningkatan perjalanan ini juga selaras dengan data dari Badan Pusat Statistik yang menyebutkan bahwa sepanjang Januari hingga Maret 2023, jumlah penumpang angkutan udara domestik meningkat 32,69% dibandingkan periode yang sama tahun 2022. Demikian juga untuk jumlah penumpang angkutan udara ke luar negeri mengalami kenaikan hingga hampir 8 kali lipat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Menjelang periode liburan sekolah, Traveloka mencatat terjadi trend peningkatan perjalanan domestik maupun internasional. Data internal Traveloka pada Kuartal I 2023, tingkat reservasi akomodasi dan tiket pesawat untuk perjalanan domestik sudah kembali pada tingkat permintaan sebelum pandemi. Sedangkan untuk perjalanan internasional, tercatat peningkatan sebesar 2 kali lipat untuk reservasi akomodasi terutama di destinasi Singapura dan Jepang.

Data yang sama mencatat Singapura, Malaysia, Thailand, Jepang, Korea Selatan dan Australia masih menjadi destinasi dengan permintaan tertinggi untuk perjalanan internasional. Sedangkan untuk perjalanan domestik, Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali dan Yogyakarta, di samping Jabodetabek, Surabaya dan Medan menjadi tujuan favorit untuk liburan.

CEO Transport Traveloka Iko Putera mengatakan pada Kuartal I 2023, pariwisata global mengalami pertumbuhan signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Demikian juga untuk Indonesia yang terus menunjukkan peningkatan minat wisata yang kuat, termasuk untuk perjalanan ke luar negeri.

“Peningkatan minat perjalanan internasional memiliki dampak positif terhadap pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia serta berkontribusi dalam mendorong kolaborasi yang erat antara negara-negara dalam bidang pariwisata. Memasuki masa liburan sekolah pada bulan Mei hingga Juli, merupakan peak season liburan keluarga, sehingga kami melihat permintaan perjalanan internasional akan terus menguat” kata Iko dalam rilis resmi, dikutip Rabu (24/05/2023)..

Iko menambahkan perjalanan luar negeri memerlukan perencanaan cermat dan komprehensif yang sesuai dengan aspirasi konsumen. Oleh karena itu, Traveloka hadir dengan memberikan solusi perjalanan lengkap untuk memudahkan pengguna dalam perencanaan konsumen. Mulai dari tiket pesawat, hotel, tiket atraksi, asuransi perjalanan, transportasi antar jemput bandara, rental mobil, akses internet luar negeri, dan masih banyak lagi.

“Menyambut periode liburan sekolah kali ini, Traveloka menghadirkan Traveloka Travel Fair sebagai solusi untuk mewujudkan liburan impian bagi keluarga terutama dalam perjalanan destinasi internasional. Selain itu, kami juga menyediakan fitur dan produk yang dirancang untuk meminimalkan risiko dan memberikan ketenangan kepada konsumen jika terjadi perubahan rencana perjalanan mereka,” katanya.

Traveloka Travel Fair digelar serentak di 6 negara, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam mulai 22 Mei hingga 4 Juni 2023. Sepanjang periode ini, Traveloka menawarkan diskon hotel, tiket pesawat dan atraksi hingga 50% + 30% setiap hari di aplikasi Traveloka. Pameran ini juga akan diadakan secara offline pada 29 Mei hingga 4 Juni di Food Society, lantai dasar Kota Kasablanka, Jakarta.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved