Trends

Inovasi Cladtek Menuju Perusahaan yang Kokoh dan Berkelanjutan

Komitmen PT Cladtek BI Metal Manufacturing menjadi perusahaan yang menerapkan praktik bisnis berkelanjutan serta Good Corporate Governance membuahkan hasil. Tahun 2022, Cladtek meraih penghargaan Asian Oil & Gas Award 2022 di kategori ESG (Environmental, Social, Governance) atas inisiatifnya dalam memberikan transparansi dari setiap aspek operasionalnya pada industri minyak dan gas di Asia.

Penghargaan bergengsi Asian Oil & Gas Award 2022 merupakan bentuk pengakuan internasional kepada Cladtek yang berhasil menggerakkan tiga aspek penting: lingkungan, sosial, dan governance, sehingga dapat berjalan seirama menuju perusahaan yang kokoh dan berkelanjutan.

Memang harus diakui, tantangan mengimplementasikan bisnis yang berlandaskan prinsip ekonomi sirkular di sektor jasa industri yang menggunakan material logam tidak mudah. Tuntutan akan akses energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern mendorong banyak perusahaan tidak hanya berkinerja baik, tetapi juga mencari berbagai inovasi baru dalam pengembangan bisnisnya agar semakin besar.

Sebagai perusahaan multinasional yang sudah 20 tahun menggeluti dunia perpipaan dan komponen aksesorinya, salah satu inovasi yang dikembangkan Cladtek saat ini ialah teknologi mechanically lined pipe (MLP). Ini merupakan proses baru pelapisan pipa dengan mechanically bonded liner yang memberikan ketahanan yang sangat baik terhadap korosi dan keausan.

Hal itu menjadi daya saing Cladtek sejak beroperasi tahun 2003. Cladtek adalah produsen dan sekaligus pemasok corrosion-resistant alloy (CRA) dengan tipe MLP dan weld overlay, yang diaplikasikan khusus untuk fasilitas industri minyak, gas bumi, dan energi.

Teknologi MLP menggunakan bahan berkualitas tinggi, seperti carbon steel, stainless steel, dan paduan (alloy), dan menggabungkannya dengan mechanically bonded liner untuk menghasilkan pipa berkualitas tinggi dan tahan lama. Proses ini memastikan bahwa liner terpasang dengan kuat ke pipa, mencegah pemisahan selama penggunaan dengan proses cladding agar liner terpasang dengan kuat, dan memudahkan proses instalasi di lapangan.

Salah satu aspek unik dari teknologi inilah yang dikembangkan dan diproduksi oleh Cladtek di Indonesia. “Sebuah terobosan yang dibangun oleh anak bangsa untuk dunia,” ujar Iban Salda Safwan, Senior Vice President People & Culture PT Cladtek BI Metal Manufacturing.

Menurut Iban, teknologi tersebut telah diekspor ke fasilitas Cladtek di Brasil dan Arab Saudi dalam 10 tahun terakhir. “Teknologi MLP Cladtek telah terkenal sebagai produk yang andal dan berkualitas tinggi di pasar internasional,” katanya.

Alvin Pangemanan, Country Sales Manager PT Cladtek.

Ditambahkan Alvin Pangemanan, Country Sales Manager PT Cladtek BI Metal Manufacturing, sejauh ini perusahaannya merupakan satu-satunya pemain MLP di Indonesia, bahkan menjadi satu di antara empat pemain utama di dunia.

“Kami memegang market share terbesar ke-2 di dunia untuk jenis ini berdasarkan market research oleh Rystad per Juli 2022, “ ungkap Alvin. Pangsa pasar Cladtek, tambahnya, sebesar 30%.

Walaupun di luar dikenal pipa HRB (hot rolled bonded), MLP lebih unggul daripada pipa HRB dalam banyak aspek. Dengan teknologi MLP, pipa akan memiliki ketahanan yang jauh lebih tinggi terhadap keausan dan korosi, menjadikannya ideal untuk aplikasi ketika pipa terpapar pada kondisi yang keras.

Selain itu, MLP juga memiliki permukaan yang halus yang mencegah penumpukan puing dan material lainnya, sehingga mengurangi kemungkinan penyumbatan. Di Indonesia, biaya pengadaan MLP lebih rendah dan pengirimannya lebih cepat dibandingkan HRB.

“Cladtek telah menyadari potensi teknologi MLP untuk merevolusi pasar Indonesia dan berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan industri dalam negeri Indonesia,” ungkap Alvin. Untuk itu, pihaknya telah mendirikan fasilitas produksi lokal di Batam, guna memenuhi kebutuhan pasar Indonesia.

“Fasilitas produksi ini memastikan bahwa produk selalu tersedia, dan Cladtek dapat memberikan dukungan lokal dan keahlian teknis kepada pelanggannya,” Alvin menegaskan.

“Teknologi MLP Cladtek adalah game changer untuk pasar domestik dan ekspor Indonesia. Teknologi ini lebih unggul daripada pipa HRB dalam banyak aspek dan telah membangun reputasi sebagai produk yang andal dan berkualitas tinggi di pasar internasional,” kata Iban tandas.

“Komitmen Cladtek untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia serta memberikan dukungan dan keahlian teknis lokal yang membuat teknologi MLP menjadi pilihan yang menarik bagi banyak industri di Indonesia,” Iba menambahkan.

Apalagi, teknologi CRA, baik MLP maupun weld overlay, semakin digemari industri minyak dan gas karena lebih hemat biaya dibandingkan solusi lainnya dengan kualitas setara. Selain itu, proses produksi pun secara umum lebih cepat dan efisien dalam instalasi sehingga akan sangat membantu penyelesaian proyek-proyek tepat waktu. (*)

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved