OYO Targetkan Tambah 350 Properti Berkonsep Syariah di Indonesia
Indonesia dengan populasi Muslim mencapai 237 juta jiwa, telah ditetapkan sebagai destinasi wisata halal atau Halal Tourism terbaik di dunia. Menurut Standar Global Muslim Travel Indeks atau GMTI, Indonesia berhasil mengungguli 138 destinasi dari seluruh dunia dan mendapatkan peringkat kedua wisata halal dunia pada tahun 2022.
Tunjang potensi wisata religi, OYO sejak awal tahun 2023, OYO berhasil menambahkan 130 properti berkonsep syariah dan proyeksikan akan menambah 350 properti sampai Desember 2023 untuk melengkapi 850 properti syariah yang sudah ada.
Komitmen OYO untuk menyediakan pilihan akomodasi yang sesuai dengan prinsip syariah bagi para tamu di Indonesia ini, akan berfokus pada destinasi religi populer seperti Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kediri dan Yogyakarta.
Dengan fasilitas dan layanan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan wisatawan, OYO turut ingin meningkatkan potensi pesona wisata religi seperti Masjid Al-Jabbar Bandung, Masjid Istiqlal, Masjid Agung Sunda Kelapa di Jakarta, Masjid Kubah Emas, dan Makam Sunan Gunung Jati di Jawa Barat, Masjid Agung Demak, Makam Sunan Giri, Masjid Agung Tuban, Makam Sunan Bonang di Jawa Tengah, serta destinasi wisata religi lainnya di Indonesia.
Upaya ini selaras dengan target pemerintah untuk meningkatkan skor Indonesia pada standar Global Muslim Indeks tahun ini dengan memperkuat kehadiran properti berkonsep syariah dan hotel ramah Muslim. Sekitar 230 masjid di 13 provinsi di Indonesia telah dirilis oleh Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif sehingga persiapan pada fasilitas penunjang seperti akomodasi berkonsep syariah menjadi fokus yang akan sangat diperhatikan. OYO terus akan terus mendukung keberlanjutan potensi ini untuk memaksimalkan potensi pariwisata.
Hendro Tan, Country Stock and Flow Head Indonesia menyatakan, pariwisata domestik di Indonesia berkembang dengan pesat, termasuk permintaan akomodasi yang sesuai dengan konsep syariah dan ramah Muslim. “Kami, terus berupaya membantu pemerintah Indonesia untuk memanfaatkan secara maksimal potensi wisata seperti wisata religi untuk lebih lanjut mendukung pertumbuhan industri pariwisata lokal”.
Sejak didirikan di Indonesia pada tahun 2018, OYO berhasil mencatat pertumbuhan 15 kali lipat dengan peminat lebih dari 13 juta pelanggan. Tak hanya berencana untuk terus mengembangkan jaringan properti di seluruh Indonesia, OYO akan memberikan sesi pelatihan bagi mitra properti untuk membantu mereka mencapai kategori eksklusif Super OYO yang dapat membantu para mitra dalam meningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan pendapatan.
“Kemitraan kami dengan OYO sejak tahun 2020 telah membantu bisnis kami dan meningkatkan pendapatan hingga 50 persen. Kami juga bangga dapat bergabung dengan jaringan properti syariah OYO yang terus berkembang di Indonesia,” ungkap Dian, pemilik properti Super OYO Capital O 3930 Griya Loka Syariah dan Capital O 3971 Griya Loka Syariah 1 Sampangan, seraya menambahkan segmentasi konsumen Muslim beserta keluarga yang menginginkan hunian yang nyaman turut membantu dalam segmentasi pasar.