Marketing Trends

Traveloka Sambut Pemulihan Industri Pariwisata

Menyambut pemulihan industri pariwisata Indonesia serta terus meningkatnya minat perjalanan internasional, Traveloka kembali menggelar ‘Traveloka Travel Fair’ yang masih berlangsung hingga 4 Juni 2023.

Iko Putera, CEO of Transport Traveloka mengungkapkan data internal Traveloka mencatat bahwa sepanjang Semester I 2023, terdapat peningkatan hingga 3 kali lipat untuk pencarian destinasi domestik dan internasional. Animo masyarakat dalam berwisata juga tercermin dari tingkat pemesanan akomodasi, tiket pesawat dan atraksi internasional yang meningkat hingga 2 kali lipat jika dibandingkan dengan periode 2022.

Dari jumlah perjalanan tersebut, tercatat 60% perjalanan bertujuan untuk liburan dan hiburan, seperti bersama keluarga, teman, bahkan solo travel disusul dengan perjalanan bisnis, wisata religi dan tujuan pendidikan. Selain itu, 75% aktivitas pada saat liburan adalah seputar kuliner dan belanja, diikuti dengan kunjungan ke tempat wisata dan museum, taman hiburan, pantai dan kebun binatang.

“Bulan Juni tahun ini merupakan momentum liburan sekolah pertama setelah pandemi mereda. Kami mengamati adanya lonjakan minat pariwisata domestik maupun internasional yang luar biasa, terutama segmen family travel,” ujarnya.

Dia menyampaikan kehadiran Traveloka Travel Fair 2023 merupakan bagian dari wujud komitmen perusahaan dalam mendorong pariwisata global, sekaligus memberikan solusi kemudahan kepada konsumen dalam merencanakan dan mewujudkan aspirasi perjalanan mereka, terutama untuk perjalanan internasional. Memasuki kuartal kedua tahun 2023, Traveloka mencatat beragam temuan menarik mengenai perilaku konsumen, terutama dalam perencanaan perjalanan internasional. Data internal menunjukkan bahwa pengguna Traveloka semakin cermat dalam merencanakan liburan mereka.

“Ada berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menentukan rencana perjalanannya, seperti harga, promo, fleksibilitas dan rekomendasi dari keluarga serta rekan terdekat. Fitur fleksibilitas seperti Reschedule/Refund Guarantee, Pay Upon Check-In, hingga ragam pilihan metode pembayaran yang fleksibel, juga memungkinkan konsumen dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih terencana dan mudah,” jelasnya.

Selama Traveloka Travel Fair berlangsung, konsumen dapat menemukan penawaran khusus dari berbagai produk perjalanan dari 9.000+ mitra terpercaya, termasuk transportasi, akomodasi, atraksi, layanan antar jemput bandara dan sewa mobil hingga 50% + 30% melalui aplikasi. Selain itu, terdapat penawaran tambahan bagi para konsumen yang mengunjungi booth Traveloka Travel Fair di Food Society.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved