Technology Trends

Buah Manis Konsistensi Komunikasi dan Sinergi Digital Bank DKI

Kegiatan nasabah Bank DKI dalam transaksi menggunakan digital banking di pasar

Bank DKI kembali diganjar dalam bidang Public Relations (PR) sebagai ‘Top Digital PR Special Achievement for BUMD’. Penghargaan ini diterima langsung oleh Direktur Utama Bank DKI Fidri Arnaldy, pada acara ’3rd Indonesia Top Digital PR Award 2023’ yang digelar secara daring (31/05/2023. Bank DKI mencatatkan skor tertinggi (97,41) dalam kategori BUMD.

Apresiasi ini diberikan untuk BUMN, anak perusahaan BUMN, serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dinilai berhasil mengelola dan memanfaatkan Digital PR dalam berkomunikasi, serta menjalin engagement dengan konsumen dan masyarakat untuk menciptakan persepsi positif terhadap produk dan perusahaan.

Beberapa kriteria penilaian yang digunakan di antaranya sejumlah parameter digital yaitu Digital Media Aspect, Digital Sentiment Aspect, dan Digital Awareness Aspect.

Di balik pencapaian ini terdapat upaya kehumasan Bank DKI yang menjadi ujung tombak dalam membangun persepsi. “Proses komunikasi yang terbuka, konstruktsif dan proporsional dalam menyampaikan informasi yang tepat mengenai langkah demi langkah pencapaian bisnis, turut memegang peran strategis dalam menunjang citra positif perseroan. Terlebih di era digital, Bank DKI dituntut untuk adaptif terhadap tren komunikasi yang mengalami perubahan signifikan dengan munculnya berbagai teknologi dan platform komunikasi baru.” ujar Fidri.

Lebih lanjut Fidri menambahkan, tren digital public relation memberikan peluang tak terbatas untuk berinteraksi secara langsung dan real time. “Komitmen Bank DKI mendukung transformasi digital dan inovasi di semua lini, termasuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar dapat bertransaksi dengan mudah, aman, nyaman, kapan dan di mana saja dengan pilihan aplikasi digital yang dimiliki Bank DKI, di antaranya JakOne Mobile dan JakOne Pay,” ungkapnya.

CEO Infoekonomi.Id Arief Munajad selaku pemberi penghaargaan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Digital PR merupakan integrasi antara PR dengan pemasaran digital berbasis Search Engine Optimization (SEO). Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan BUMN, anak perusahaan BUMN dan BUMD yang berhasil memanfaatkan Digital PR dalam berkomunikasi dengan efektif dan menjalin engagement dengan konsumen serta masyarakat untuk menciptakan persepsi positif terhadap produk dan perusahaan.

Dalam acara tersebut, pakar PR Hifni Alifahmi menyampaikan pentingnya memilih saluran komunikasi yang tepat dan memanfaatkan konvergensi media komunikasi sebagai momentum emas dalam menyampaikan pesan-pesan bermakna dan inspiratif. Dia juga menyoroti fenomena omni channel/metaverse dan human machine interface sebagai aspek penting dalam strategi komunikasi organisasi ke depan.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi menambahkan, untuk memperkenalkan produk dan layanan serta berbagai aksi korporasi yang dijalankan Bank DKI kepada masyarakat luas, pihaknya mengoptimalkan sinergi dan kolaborasi dengan media massa, selain itu juga menggunakan beberapa platform media digital seperti media sosial maupun media massa online sebagai sarana publikasi yang dijalankan.

Digitalisasi di berbagai bidang juga terus digalakkan Bank DKI seiring implementasi transformasi perseroan dengan menghadirkan solusi perbankan digital yang handal, seperti super apps JakOne Mobile, simple apps JakOne Pay, maupun JakOne Abank dan layanan lainnya seperti Cash Management System, serta aplikasi pengajuan kredit dan pembiayaan secara online melalui e-form KMG dan pengembangan aplikasi digital lending. Dalam hal pelayanan transaksi non-tunai menggunakan kartu.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved