Trends

Bisnis AWS Metrodata Capai AWS Migration Competency Pertama di Indonesia

Alexander Kuntoro, Presiden Direktur Metrodara

PT Metrodata Electronics Tbk, perusahaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang bergerak di bidang layanan digital serta distribusi perangkat keras dan lunak, mengumumkan pencapaian pertumbuhan bisnis Amazon Web Services (AWS)-nya hingga 257% sejak dilakukannya penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Strategis (Strategic Collaboration Agreement/SCA) pada Oktober 2021 dengan perusahaan penyedia layanan komputasi awan (cloud) yang paling komprehensif dan paling banyak digunakan di dunia.

Pada bulan Mei 2023, sebagai bagian dari perjanjian kerja sama strategis dengan AWS, Metrodata berhasil meraih pencapaian terbarunya, menjadi perusahaan system integrator pertama di Indonesia yang mendapatkan AWS Migration Competency dengan memperkuat kemampuan Metrodata dalam membantu pelanggan untuk memindahkan beban kerja yang sangat penting ke AWS, terlepas dari tingkat kerumitannya, sekaligus memitigasi risiko, meningkatkan kelincahan, dan meningkatkan keamanan. Program Kompetensi AWS memvalidasi dan mempromosikan Mitra AWS yang telah menunjukkan keahlian teknis AWS dan kesuksesan pelanggan yang telah terbukti.

“Perjanjian Kerja Sama Strategis kami dengan AWS telah membantu kami dalam memenuhi permintaan yang semakin meningkat dari para pelanggan dalam mengadopsi penggunaan cloud-first untuk mendorong transformasi digital,” ujar Alexander Kuntoro, Presiden Direktur, PT Mitra Integrasi Informatika.

Bersama AWS, Metrodata telah meningkatkan keterampilan tenaga kerja secara digital, menciptakan AWS Cloud Center of Excellence yang berdedikasi, dan mengembangkan sumber daya untuk mengembangkan bisnis AWS hingga tiga kali lipat dalam waktu 16 bulan.

“Pencapaian AWS Migration Competency merupakan tonggak sejarah terbaru dalam perjalanan sepuluh tahun kami bersama AWS dan akan membantu kami menghadirkan lebih banyak lagi proyek transformasi cloud untuk bisnis lokal, yang akan membuka fase pertumbuhan Metrodata selanjutnya,” tambah Alexander Kuntoro

Kirsten Gilbertson, Partner Sales Lead, ASEAN, AWS menyatakanmenjalin perjanjian kerja sama strategis dengan AWS memacu pertumbuhan Metrodata dan terus membantu pelanggan untuk mengadopsi layanan cloud dengan menggunakan infrastruktur kelas dunia dari AWS, termasuk AWS Jakarta Region.

“Kami berkomitmen untuk mendukung para mitra dengan kemampuan dan keahlian kami dalam mentransformasi bisnis lokal secara digital menggunakan cloud, dan pencapaian AWS Migration Competency oleh Metrodata merupakan contoh terbaru dari kolaborasi yang berkelanjutan ini.”

Sejak bergabung dengan AWS Partner Network (APN) pada tahun 2013, Metrodata telah menyukseskan lebih dari 80 proyek transformasi AWS Cloud, termasuk migrasi SAP HANA Cloud, modernisasi dan pengembangan aplikasi, serta solusi data warehousing dan visualisasi. Di tahun 2021, Metrodata juga melakukan migrasi beban kerja SAP PT Fajar Surya Wisesa Tbk, salah satu perusahaan manufaktur kertas terbesar di Indonesia ke AWS.

Dalam enam belas bulan terakhir, Metrodata telah membantu lebih dari 60 organisasi di Indonesia yang bergerak di bidang jasa keuangan, manufaktur, distribusi, ritel, layanan publik, dan industri nirlaba untuk bertransformasi secara digital menggunakan AWS, diantaranya Garudafood, perusahaan makanan dan minuman dan PT Mulia Boga Raya Tbk, produsen produk susu.

Metrodata telah melatih lebih dari 100 karyawan teknis dan non-teknis untuk mendapatkan sertifikasi atau akreditasi AWS sejak menandatangani perjanjian kerja sama strategis dengan AWS. Seluruh karyawan baru dilatih mengenai AWS Cloud melalui pusat pembelajaran online AWS Skill Builder di mana setiap orang dapat mengakses lebih dari 600 kursus online dan sumber daya pembelajaran untuk membangun keterampilan cloud yang penting.

Melalui perjanjian kerja sama strategis dengan AWS, Metrodata menargetkan untuk mencapai kompetensi solusi tambahan di tahun 2023 dengan melayani lebih dari 100 pelanggan AWS di Indonesia dan menargetkan nilai bisnis AWS diatas USD 10 juta di tahun 2023.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved