Trends

PSSI & MNC Teken Kontrak Hak Siar Timnas 2023 Rp 56 Miliar

Ketua Umum PSSI Erick Thohir tetapkan MNC Group sebagai pemegang hak siar Timnas tahun 2023. (Foto Ubaidllah/SWA)

PSSI menyatakan MNC Group menjadi pemenang hak siar (Domestic Media Rights) Tim Nasional (Timnas) dengan nilai kontrak Rp 56 Miliar. Atas kontrak ini, MNC Group akan menjadi pemegang hak siar sepanjang tahun 2023.

Kesepakatan ini ditetapkan pada 5 Juni 2023 dan dipastikan dua laga terdekat Timnas pada FIFA Matchday, yakni melawan Palestina dan Argentina akan disiarkan di stasiun televisi, saluran FTA, OTT, dan TV Pay milik MNC Group. Sebelumnya hak siar jika timnas bertanding, baik laga kandang dan tandang, dipasarkan per pertandingan atau turnamen kepada stasiun televisi yang berminat.

“Saya mengapresiasi dukungan yang diberikan media, terutama MNC Group yang langganan menayangkan partai-partai Timnas. Dengan infrastruktur dan jaringan yang dimiliki MNC group, saya optimistis dukungan dan doa bagi Timnas setiap kali bertanding, secara psikologis, memotivasi para pemain untuk tampil maksimal,” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam keterangan resmi PSSI, dikutip Kamis (08/06/2023).

Erick menyatakan penetapan MNC Group sebagai pemegang hak siar pertandingan timnas Indonesia sepanjang 2023 merupakan langkah baru untuk mendukung perkembangan industri siaran sepak bola di Indonesia. Dengan durasi kontrak yang panjang, tambah Erick, akan memberikan kepastian bagi bisnis pemegang hak siar.

“Ini merupakan langkah baru yang ditetapkan PSSI periode ini. Kontrak harus memberikan kepastian kepada pemegang hak siar karena bagaimanapun juga ini bisnis, stasiun televisi juga bisa membuat agenda jangka panjang. Artinya, dari segi promosi, marketing, dan sosialisasi timnas juga pasti bagus karena tayangan multimedia dijamin akan membuat berbagai acara dan program demi menarik penonton dan pendukung timnas,” ujar Erick.

Sebagai Ketua Umum PSSI yang baru, Erick memang gencar melakukan transformasi dalam dunia sepak bola Tanah Air. Selain memperbaiki sistem penentuan hak siar laga-laga Timnas, pria yang juga Menteri BUMN ini mendorong agar Timnas bisa berprestasi di kancah sepak bola dunia.

Prestasi pertama Timnas di bawah kepemimpinan Erick Thohir adalah berhasil menyabet medali emas pada ajang Sea Games di Kamboja beberapa waktu lalu. Medali emas ini merupakan yang pertama setelah penantian selama 32 tahun.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved