CSR Corner

Program CSR dengan Pendekatan CSV Bermanfaat Bagi Semua Pihak

Agar program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia lebih efektif dan saling memberi manfaat, mereka didorong merancang dan melaksanakannya melalui pendekatan creating shared value (CSV). Sehingga memberikan manfaat win-win baik bagi masyarakat sekitar, dan pemangku kepentingan seperti pemerintah daerah/pusat maupun bagi perusahaan.

“Sebagian besar perusahaan masih melaksanakan CSR sebagai donasi dan kadang tidak selaras dengan kegiatan bisnis perusahaan. Sehingga pada umumnya, manfaat CSR hanya dirasakan oleh masyarakat. Sementara, manfaat bagi perusahaan bisa diartikan sebagai izin masyarakat sekitar kepada perusahaan untuk bisa beroperasi dengan aman dan tenang,” kata Mas Achmad Daniri, Ketua Dewan Juri Top CSR Awards 2023 dalam siaran pers di Jakarta (07/06/2023).

Daniri mendorong agar program CSR perusahaan dapat lebih efektif dan saling memberi manfaat, perusahaan dapat merancang dan melaksanakannya melalui pendekatan CSV.

Top CSR Awards adalah pemberian penghargaan kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia, salah satu kriteria utamanya adalah, perusahaan dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR dengan pendekatan penciptaan nilai manfaat bersama atau CSV.

Tema yang diangkat untuk tahun 2023 ini adalah ‘CSR Innovation Programs for Sustainable Business Growth’. Artinya CSR tidak hanya memberikan manfaat sosial untuk masyarakat dan lingkungan saja, namun CSR harus selaras dengan strategi bisnis, harus mendukung pencapaian target-target bisnis, agar kinerja perusahaan dapat terus tumbuh secara berkelanjutan.

Memberikan sambutan pada acara puncak tersebut, Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial mengatakan bahwa CSR merupakan pertanggungjawaban yang harus dilakukan melalui berbagai program kemasyarakatan. “Sehingga, ada dampak ekonomi dan lain-lain atau pun mendukung pembangunan berkelanjutan,” kata dia. CSR pun bisa menaikkan taraf hidup masyarakat, dan lain-lain. Selain itu, CSR dapat langsung menyasar ke masyarakat. Dia mencontohkan untuk menaikkan rasio elektrifikasi masyarakat di daerah tertentu, program CSR dapat membuat pembangkit energi baru, dengan skala kecil, di daerah yang sulit dijangkau listrik PLN.

Adapun Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sigit Raliantoro, dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini dunia ada di masa kerusakan eksponensial—setelah lama ada di fase pertumbuhan eksponensial yang dipicu oleh Revolusi Industri. Dalam masa tersebut, bisnis harus bermanfaat untuk masyarakat dan memerbaiki lingkungan. “Dalam lingkup tersebut, CSR adalah sarana pemberdayaan masyarakat. Dan masyarakat perlu diedukasi untuk belajar menyelesaikan problemnya dalam jangka panjang,” kata Sigit.

Ketua Penyelenggara Top CSR Awards 2023 M. Lutfi Handayani, sekaligus Pemimpin Redaksi majalah Top Business, mengatakan, “CSR harus selaras dengan strategi bisnis perusahaan dan kesinambungan perusahaan.” Kegiatan ini diikuti oleh 900 perusahaan di Indonesia. Sebanyak 188 perusahaan yang mendaftar, dan 174 perusahaan yang mengikuti penilaian secara lengkap. Jumlah ini meningkat 17,2% dibanding tahun 2022 yang lalu.”

Lutfi menjelaskan bahwa Top CSR Awards merupakan kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan bidang CSR tingkat nasional yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia, yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/ TJSL/Community Development, yang efektif dan berkualitas.

Perusahaan-perusahaan yang mendapatkan penghargaan ini antara lain: Kideco Jaya Agung, MMS Group Indonesia, Multi Harapan Utama, Bukit Asam, Indo Tambangraya Megah, PLN, Pupuk Kaltim, Astra Tol Nusantara (Astra Infra), Bank Mandiri, Chandra Asri Petrochemical, BSI Maslahat, Petrokimia Gresik, Migas Utama Jabar, Bank Danamon.

Selain itu, Bank BRI, Antang Gunung Meratus, Aice Group, Danareksa, PT Datang DSSP Power Indonesia, Paiton Energy – Paiton Operation and Maintenance Indonesia, Semen Indonesia, Suprabari Mapanindo Mineral, Telen Orbit Prima, Kaltim Nitrate Indonesia, Pegadaian, dan Perusahaan Gas Negara, PLN Indonesia Power, Aqua, Solusi Bangun Indonesia, dan PLN Nusantara Power. Serta sejumlah perusahaan BUMN, swasta nasional, dan perusahaan multinasional lainnya.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved