Technology Trends

Kolaborasi BRIN - Populix Gali Budaya Ilmiah pada Milenial dan Gen Z

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Pusat Riset Masyarakat dan Budaya (PMB) berkolaborasi dengan PT Populix Informasi Teknologi untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan riset dengan mengoptimalkan teknologi dalam proses pengumpulan data guna meneliti berbagai fenomena budaya masyarakat, khususnya terkait budaya ilmiah pada generasi milenial dan gen Z.

Jonathan Benhi, CTO Populix mengatakan, masuknya berbagai budaya luar di lingkungan masyarakat Indonesia saat ini berpengaruh pada minat dan gaya hidup masyarakat. Terlebih kelompok generasi milenial dan gen Z yang banyak bersentuhan langsung dengan hal tersebut. Karenanya, banyak bermunculan budaya-budaya baru yang hadir di masyarakat.

“Fenomena budaya pada kelompok masyarakat generasi milenial dan gen Z sangat menarik dan dinamis. Populix secara reguler sudah sering melakukan berbagai riset pada generasi milenial dan gen Z yang disebut Next Gen Report. Temuan riset tersebut diharapkan dapat membantu para pelaku industri dan pembuat kebijakan sehingga mendapatkan pemahaman mendalam mengenai kebutuhan, minat dan gaya hidup dari generasi tersebut,” jelas dia.

Melalui kerja sama ini Populix berharap bahwa teknologi pengumpulan data secara online yang dimiliki dapat digunakan untuk mempercepat pengambilan sampel riset, dengan tetap menjaga kredibilitas dan kualitas hasil akhir riset tersebut. Jonathan juga menambahkan bahwa pengambilan data secara digital dilakukan untuk mendapatkan data yang komprehensif sehingga dapat menjadi acuan untuk mengambil keputusan. Di sisi lain, perencanaan dapat dilakukan lebih tepat dan berbasis data, sehingga mendapatkan hasil yang efektif dan efisien.

Adapun ruang lingkup dari perjanjian kerja sama ini meliputi pengumpulan, pengolahan data, pembuatan laporan temuan kondisi budaya ilmiah pada generasi milenial dan gen Z yang nantinya dapat menghasilkan rekomendasi dan menjadi acuan bagi para pembuat kebijakan di sektor-sektor terkait, seperti sektor pendidikan dan komunikasi informasi teknologi.

“Adanya kerja sama ini diharapkan menjadi awal kolaborasi dari lembaga riset dengan Populix sebagai penyedia data dan jasa riset pasar berbasis digital. Kerja sama ini diharapkan dapat dikembangkan pada tema-tema terkait generasi milenial dan gen Z dan tema sosial lainnya terkait isu terkini dalam masyarakat, ” ujar Lilis Mulyani, Kepala Pusat Riset Masyarakat dan Budaya BRIN.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved