Trends

Strategi ABM Group, Kembangkan Pekerja Perempuan di Sektor Tambang

Indonesia Miner Exhibition yang bermitra dengan Woman in Mining & Energy (WIME) mengusung tema Shaping the Future Mining untuk pengembangan pekerja perempuan di sektor tambang.

Bisnis pertambangan masih dianggap sebagai bidang yang didominasi oleh pria sehingga mengaitkan pekerjaan tambang identik dengan kekuatan fisik dan situasi kerja yang keras. Survei yang dirilis pada 2021 Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menunjukkan jumlah pekerja perempuan di sektor tambang hanya 10.727 sementara laki-laki 168.711 orang.

Selain jumlah pekerja, terdapat ketimpangan upah rata-rata yang diterima oleh pekerja tambang perempuan dan laki-laki. Pekerja perempuan hanya menerima upah sebesar Rp 4.159.846, sementara pekerja laki-laki Rp 4.297.820.

Untuk mendukung sekaligus memotivasi perempuan yang bekerja di industri tambang, PT ABM Investama (ABM) bersama anak usahanya PT Cipta Krida Bahari (CKB Group) berpartisipasi dalam acara Indonesia Miner Exhibition yang bermitra dengan Woman in Mining & Energy (WIME) mengusung tema “Shaping the Future Mining.” ABM Group memaparkan peluang di sektor tambang terhadap keterlibatan perempuan Indonesia dalam mewujudkan hilirisasi dan transisi energi untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060.

Menurut Direktur Utama ABM Andi Djajanegara, fakta sampai dengan hari ini, pertambangan masih dianggap sebagai bidang yang didominasi oleh pria. Ketimpangan inilah yang membuat ABM Grup untuk membuktikan bahwa perempuan Indonesia mempunyai kecerdasan dan potensi besar dalam memajukan sektor pertambangan.

Untuk megatasi mengatasi tantangan ini, diakui Andi, dibutuhkan upaya kolaboratif seluruh pihak, melaksanakan kesetaraan gender, peningkatan akses pendidikan dan pelatihan, menciptakan lingkungan kerja yang aman bagi perempuan.

Selain itu, adanya kebijakan yang mendukung keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi perempuan Indonesia. Adapun pengembangan yang telah dilakukan di lingkup ABM Group, yakni mengadakan program talent dan leadership for women, termasuk di dalamnya Coaching and Mentoring; mengadakan kegiatan sukarelawan yang berfokus kepada perempuan, seperti women and financial literacy dan lainnya.

Diakui Andi, perusahaan menyediakan pelatihan dan pengembangan khusus yang dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan perempuan terhadap industri tambang. Pelatihan ini mencakup keterampilan, pelatihan teknis, project management dan communication skill yang membantu perempuan Indonesia dalam meningkatkan kesempatan karier yang lebih baik.

Chief Executive Officer CKB Group Iman Sjafei menambahkan, keterlibatan CKB Group pada Indonesia Miner menjadi langkah perusahaan untuk mendorong perempuan Indonesia dalam mengembangkan kreativitas dan kemampuannya. Pasalnya, perempuan memiliki potensi untuk berperan dalam mengembangkan strategi lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) untuk mencapai keberlanjutan bisnis.

Untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mempromosikan kesetaraan gender, Iman berharap ke depannya perusahaan-perusahaan tambang dapat bekerja dengan organisasi dan lembaga eksternal yang fokus pada pemberdayaan perempuan. Hal ini bertujuan untuk memperkuat semangat mengejar ambisi dan karier perempuan Indonesia.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved