Marketing Trends

Kolaborasi Tango dan Feel Matcha Dukung Tren Gaya Hidup Sehat

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia mencatat bahwa tahun 2021 Indonesia merupakan negara pemasok teh nomor 9 ke Jepang dengan nilai transaksi sebesar US$ 3,2 juta. Jepang adalah salah satu negara yang dikenal memiliki tradisi minum teh khas dan unik.

Produk olahan teh asal Jepang yang telah mendunia adalah matcha. Matcha dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena kandungan nutrisi yang tinggi dan antioksidan. Tango, produk wafer besutan Orang Tua (OT) Group menggandeng gerai Kafe Feel Matcha yang dikenal dengan olahan makanan dan minuman kekinian berbahan baku utama matcha untuk berkolaborasi dalam produk bercita rasa unik dengan balutan manfaat matcha yang berguna bagi kesehatan.

Menurut World of Statistic tahun 2023, konsumsi teh per kapita masyarakat Indonesia sebesar 0,46 kg. Sedangkan konsumsi teh per kapita tertinggi di dunia dipegang oleh Turki, sebesar 3,16 kg. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk, konsumsi teh per kapita masyarakat Indonesia masih terbilang rendah. Meskipun teh bukan tanaman asli Indonesia, namun tradisi minum teh sudah ada sejak lama pada sebagian masyarakat Indonesia.

Minuman teh sangat dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia, dan ada banyak cara dalam menyajikannya. Seiring dengan tren gaya hidup masyarakat, khususnya di kota besar, kemunculan berbagai kreasi minuman teh sangatlah pesat. OT Group melihat ini sebagai sebuah peluang, sehingga timbullah ide untuk mengolaborasikan Tango Waffle dengan Feel Matcha.

“Kami memilih Feel Matcha sebagai mitra karena sudah dikenal dengan penggunaan matcha sebagai bahan baku utama produk-produknya. Matcha merupakan bagian dari tren gaya hidup sehat saat ini. Jadi produk kolaborasi ini selain bercita rasa enak juga cocok buat mereka yang peduli dengan kesehatan,” ujar Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group dalam siaran pers di Jakarta.

Gerai Feel Matcha pertama kali diresmikan di Jakarta pada 2021. Tidak butuh waktu lama Feel Matcha menjadi populer di kalangan milenial di Jakarta. “Feel Matcha menggunakan matcha sebagai bahan baku utama, karena dapat menjadi pengganti kafein yang menciptakan sensasi calming dan rileks. Tango Waffle sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, dan sudah sering melakukan kolaborasi kreatif dengan banyak pihak.

“Kami menyambut antusias ajakan kolaborasi ini, sebuah tantangan menarik bagi tim kami untuk membuat racikan minuman kekinian dengan 3 varian rasa Tango Waffle, yaitu : Choco Hazelnut, Cookiez & Cream, dan Mocha Latte. Sebuah produk yang memiliki manfaat terbaik dari matcha namun tetap menghadirkan keunikan cita rasa dari setiap varian Tango Waffle tersebut,” jelas Achmad Nurul Fajri, Co-founder Feel Matcha.

Produk kolaborasi ini sudah didistribusikan di gerai-gerai Feel Matcha yang tersebar di Jakarta. “Kami akan menjalankan kolaborasi ini selama 3 bulan. Selain kolaborasi dalam bentuk produk, kemasan produk menjadi medium desain grafis karya ilustrator muda berbakat asli Indonesia, Jacqueline Emanuella sebagai bentuk apresiasi kami terhadap talenta-talenta anak bangsa. Jadi selain menikmati kelezatan minumannya, masyarakat juga bisa menikmati ilustrasi-ilustrasi unik dan menarik pada kemasannya,” ucap Harianus.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved