Marketing Trends

AirAsia Buka Rute Penerbangan Baru Jakarta-Kuching

Ibu kota Sarawak hari ini menyambut para tamu penerbangan perdana AirAsia dari Jakarta ke Kuching, di Bandara Internasional Kuching. Rute tersebut saat ini menjadi satu-satunya penerbangan langsung Jakarta-Kuching. Pembukaan rute baru ini guna mendukung kerja sama Pemerintah Indonesia dan Malaysia khususnya negara bagian Sarawak, dalam meningkatkan konektivitas dan mempercepat pemulihan sektor pariwisata di kedua negara.

Menteri Transportasi Sarawak YB Dato’ Sri Lee Kim Shin bersama dengan Wakil Menteri Pariwisata, Industri Kreatif dan Seni Pertunjukan Sarawak Datuk Sebastian Ting Chiew Yew dan Direktur Pemasaran Regional Kementerian Pariwisata Indonesia Raden Wisnu Sindhutrisno, menerima tamu perdana di penerbangan QZ530 dari Jakarta yang tiba pada pukul 10.40 pagi waktu setempat.

Rute baru yang dioperasikan oleh Indonesia AirAsia ini menandai rute internasional keempat AirAsia yang menghubungkan Sarawak ke Asean, setelah rute AirAsia Malaysia dari Kuching, Miri dan Sibu ke Singapura yang diluncurkan tahun lalu.

Kapten Wuri Septiawan, Direktur Operasi Indonesia AirAsia mengatakan, rute ini merupakan bukti dukungan AirAsia terhadap Indonesia dan Malaysia, tidak hanya untuk mempercepat pemulihan industri pariwisata, tetapi juga untuk mempererat hubungan dan menjajaki peluang kerja sama. “Dengan rute ini, kami berharap semakin banyak tamu kami yang dapat melakukan perjalanan antara Jakarta dan Kuching dengan mudah dan terjangkau, baik untuk liburan maupun bisnis. Jadwal penerbangan rute Jakarta-Kuching tiga kali seminggu,” ujarnya dalam siaran pers (15/06/2023)..

Ini adalah pertama kalinya AirAsia menerbangi rute ini dan menjadi satu-satunya maskapai yang menerbangi rute ini. Kami yakin dengan dukungan dan kerja sama semua pemangku kepentingan, jalur ini dapat menjadi populer dan berkelanjutan.

Menurut Dato Sri Lee Kim Shin, rute ini tidak hanya dicari oleh orang Sarawak. Rute ini bisa menghubungkan Sarawak ke bagian lain di Indonesia, terutama dengan berdirinya IKN Nusantara, di Kalimantan Timur.

Secara total, saat ini AirAsia mengoperasikan 23 penerbangan internasional per minggu ke Sarawak dari Singapura dan Jakarta dan akan meningkatkan frekuensi seiring dengan permintaan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved