Trends

BCA Pertahankan sebagai Raih Brand Terkuat di Indonesia Versi Brand Finance

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali mempertahankan prestasinya sebagai brand terkuat di Indonesia (Indonesia’s strongest brands) versi Brand Finance, dengan rating kekuatan brand AAA+. Dengan capaian ini, BCA telah dinobatkan sebagai brand terkuat di Indonesia selama lima tahun berturut-turut, dari tahun 2019 hingga 2023.

Brand Finance mencatat BCA mampu mencatatkan pencapaian positif di tahun 2022, total kredit mampu tumbuh hingga 11,7% YoY, didorong pemulihan di seluruh segmen pinjaman. Selain itu, BCA juga sukses menyelenggarakan sejumlah event strategis di tahun 2022, seperti BCA Expoversary, BCA UMKM Fest 2022, dan BCA Wealth Summit 2022. Hal ini berkontribusi positif bagi portofolio KPR yang melebihi angka Rp108 triliun (US$6,9 miliar) untuk pertama kalinya dalam sejarah perseroan.

“Salah satu event BCA, yakni BCA Expoversary, menampilkan sejumlah produk dan promosi unggulan yang mampu menarik ribuan pengunjung. Berbagai macam program suku bunga spesial ditawarkan, di mana salah satunya menawarkan suku bunga KPR berjenjang untuk nasabah yang ingin memiliki properti. Suku bunga ini dapat disesuaikan dengan karakteristik finansial nasabah yang beragam, sehingga membantu mereka memenuhi kebutuhan kepemilikan properti,” tulis Brand Finance dalam laporannya.

Tidak hanya dari sisi kinerja dan event strategis, Brand Finance juga mengapresiasi upaya BCA dalam segmen Environmental, Social, and Governance (ESG), khususnya dalam peningkatan partisipasi aktif BCA dalam pembiayaan berkelanjutan dan pengelolaan limbah yang dihasilkan dari kegiatan operasional.

“Apresiasi ini tidak lepas dari kepercayaan segenap nasabah setia, dukungan dari pemerintah maupun regulator, serta kerja kelas seluruh karyawan BCA di penjuru tanah air. Apresiasi ini menjadi motivasi bagi kami untuk senantiasa meningkatkan kualitas layanan dan solusi perbankan bagi kebutuhan nasabah yang beragam,” ucap Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja.

Brand Finance juga memberi apresiasi kepada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) sebagai brand paling bernilai di Indonesia (Indonesia’s most valuable brand) dengan valuasi brand mencapai US$ 4,3 miliar. Menurut laporan Brand Finance, pencapaian ini utamanya ditopang oleh peningkatan kinerja keuangan dari BRI.

“Pencapaian BRI sebagai brand paling bernilai di Indonesia, sementara BCA sebagai brand terkuat, menunjukkan bahwa industri perbankan nasional mampu menunjukkan kinerja yang solid, termasuk berperan dalam mendorong pemulihan perekonomian domestik. Tidak lupa, saya juga mengucapkan selamat kepada jajaran manajemen BRI atas pencapaiannya,” tutur Jahja Setiaatmadja.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved