Marketing Trends

Genjot Pertumbuhan Pasar Indonesia, Disney Kolaborasi dengan Puluhan Jenama Lokal

Disney
Kolaborasi dengan 54 merek dan perusahaan ritel lokal untuk merayakan perjalanan Disney ke-100 tahun.

Banyak orang Indonesia tumbuh dengan cerita dan karakter Disney, Marvel, Pixar dan Star Wars, dan hal-hal ini masih beresonansi kuat dengan audiens dari segala usia hingga saat ini. Basis penggemar yang kuat ini menjadikan Indonesia pasar yang penting bagi The Walt Disney Company.

Tan Wee, Director of Brand Commercialization Indonesia, The Walt Disney Company mengatakan, produk anak-anak seperti mainan dan pakaian selalu populer di pasar Indonesia. Peningkatan permintaan juga terlihat dari penggemar dewasa muda untuk produk gaya hidup seperti fesyen dan home & living.

“Kami memahami bahwa banyak orang di Indonesia tumbuh dengan Disney, Pixar, Marvel, Star Wars, dan mereka sering mencari produk sendiri. Karena ini mengingatkan mereka pada cerita favorit sekaligus merayakan rasa cinta mereka sebagai penggemar Disney,” ujar Tan Wee kepada SWA Online, Jumat (16/06/2023).

Untuk terus memperkuat posisinya sebagai merek hiburan global yang relevan dan diakui di pasar ini, Disney secara konsisten bekerja sama dengan merek-merek lokal Indonesia untuk lebih memahami tren, berbagi dan bertukar keunggulan kreatif, dan memastikan bahwa produk yang dihadirkan otentik serta relevan secara lokal.

“Misalnya selama setahun terakhir, kami telah bekerja sama dengan berbagai merek lokal untuk meluncurkan koleksi modest fashion and beauty yang terinspirasi Disney, serta membawa elemen lokal seperti pakaian tradisional Indonesia atau pola batik ke karakter seperti Mickey Mouse,” jelas dia.

Di hari jadinya yang ke-100 pada tahun 2023 ini, Disney Indonesia juga berkolaborasi dengan 54 merek dan perusahaan ritel lokal di bidang mode, kecantikan, aksesoris, home and living, collectibles, hingga mainan untuk merilis edisi khusus Disney100.

Berbagai jenama lokal yang terlibat dalam perayaan Disney100 di antaranya Azarine yang memperkenalkan rangkaian koleksi perawatan kulit terinspirasi dari karakter-karakter ikonik Marvel yaitu Azarine Super Fighters Serum Marvel Edition. Kemudian ada Iwan Tirta Private Collection yang membawa koleksi ‘Merak Sejoli Disney100’ di mana menyatukan motif batik khas Iwan Tirta dengan siluet 100 Mickey Mouse.

Adapula jenama Morris Eau De Toilette yang mempersembahkan “Mickey & Minnie 100 Years of Wonder”, parfum dengan kombinasi menyegarkan dari aroma bunga, buah, kayu, dan musk. Tak ketinggalan, perusahaan ritel Matahari menampilkan koleksi Disney100 dalam pakaian wanita, pria, anak-anak, hingga alas kaki.

“Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan merek-merek lokal untuk membawa momen Disney lebih dekat dengan masyarakat Indonesia. Dan sangat menarik untuk melihat bagaimana desainer lokal telah membawa pengalaman dan perspektif kreatif mereka sendiri ke dalam cerita Disney, menawarkan pandangan unik tentang karakter tercinta mereka di luar layar,” ucap Tan Wee.

Untuk merayakan momen ini, penggemar dan penikmat fesyen tanah air juga dapat mengunjungi pop-up retail bertema Disney100 di Plaza Indonesia, yang akan menghadirkan 15 merek termasuk Lego, M231, Royal Selangor, Torch, hingga UBS. Pop-up retail ini dibuka mulai tanggal 7 hingga 21 Juni 2023 yang terletak di Atrium Plaza Indonesia, Level 4.

Tan Wee menyebut, ke depannya pop-up retail bertema Disney100 ini akan hadir menyapa penggemar di berbagai mal di Jakarta. “Kami ingin menghadirkan pop-up ritel bertema Disney kepada penggemar di seluruh Indonesia. Kami akan hadir di lebih banyak tempat nantinya,” tuturnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved