Management Trends

26 Perusahaan Ini Implementasikan Budaya K3 di Indonesia dengan Baik

Direktur Keselamatan dan Keamanan KAI Sandry Pasambuna menerima penghargaan The Best HSE Director of The Year 2023. (dok. KAI)

Sebanyak 26 perusahaan dari berbagai sektor mengimplementasikan aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) atau yang juga dikenal sebagai health, safety, and environment (HSE) dengan baik dan berkelanjutan memperoleh penghargaan HSE Indonesia Award 2023 di Jakarta, (16/06/2023).

Berbagai sektor industri yang mengikuti ajang ini di antaranya transportasi, migas, konstruksi, galangan kapal dan shipyard, real estate, F&B, pertambangan, manufaktur, energy services, dan sebagainya. Tiga perusahaan mendapat nilai tertinggi dan berhak mendapat penghargaan sebagai The Greatest Company Concerned HSE of the Year. Ketiganya adalah PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Pama Persada Nusantara, dan PT Total Bangun Persada.

Menanggapi hal ini, Direktur Keselamatan dan Keamanan PT KAI Sandry N Pasambuna menyampaikan, “Penghargaan ini kami dedikasikan untuk seluruh pegawai KAI dan KAI Group yang telah gigih berjuang bersinergi membangun budaya keselamatan kereta api serta mendukung visi perusahaan menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia.” Ia menambahkan, KAI sebagai perusahaan yang bergerak di bisnis jasa transportasi selalu konsisten dan berkesinambungan dalam menerapkan prinsip-prinsip HSE. Keselamatan menjadi hal yang tak bisa ditawar bagi KAI dalam menjalankan proses bisnisnya.

Penerapan K3 yang baik dalam tubuh KAI mampu memberikan perlindungan bagi para pekerja sekaligus memberikan perlindungan pada sumber-sumber produksi sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan. “Untuk mencapai kinerja keselamatan kelas dunia, keselamatan harus diintegrasikan ke dalam budaya perusahaan. Dengan kata lain, keselamatan harus menjadi bagian dari DNA perusahaan, bukan hanya sesuatu yang melekat padanya,” kata Sandry.

Tanggapan serupa juga datang dari Direktur Human Capital, SHE & SRGS PT Pamapersada Nusantara, Ari Sutrisno. “Penghargaan ini menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk berbenah dan terus meningkatkan kinerja pengelolaan HSE. Berbagai masukan dewan juri sangat baik sebagai pembelajaran untuk terus lebih baik di masa mendatang. Kami yakin ajang HSEIA merupakan salah satu kontribusi penting seluruh stakeholder dalam turut mewujudkan indonesia berbudaya K3,” ujar Ari.

Sementara Ketua Penyelenggara HSEIA 2023 Irnanda Laksanawan mengatakan, HSEIA 2023 adalah ajang penghargaan yang diberikan kepada mereka yang selama ini mengimplementasikan aspek K3 dengan baik dan benar serta berkelanjutan di perusahaannya masing-masing, baik secara korporasi maupun secara individual yaitu bagi mereka yang selama ini mendedikasikan dirinya bagi kemajuan K3 Nasional.

“Diselenggarakan oleh PT Media Madani Ultima (MMU) bekerjasama dengan Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N), dengan tujuan mendorong para pelaku industri di Indonesia untuk mengimplementasikan aspek K3 dengan baik dan benar serta berkelanjutan demi terciptanya budaya K3 di Indonesia,” ungkap Irnanda.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved