Trends

Sanggar Sarana Baja Kembangkan Alat Berat ke Pasar Ekspor

Salah satu anak usaha ABM Investama (ABM), yaitu Sanggar Sarana Baja (SSB), perusahaan yang fokus di bidang jasa rekayasa, manufacturing dan rekondisi terus melakukan ekspansi ke pasar ekspor. Bila sebelumnya telah merambah Jepang dan PNG, tahun ini siap membidik Mongolia dan Australia.

Saat ini salah satu produk andalan SSB adalah Blade Ejector Trailer 80 ton yang berfungsi sebagai alat angkut untuk membawa material di area pertambangan. “Tahun ini akan kami ekspor ke Australia,” kata Johan Budisusetija, Direktur SSB.

Ia menambahkan, melalui alat ini nantinya akan dilakukan proses dumping yang terintegrasi pada sistem Human Machine Interface (HMI) untuk mempermudah operator dalam mengoptimalkan unit bisnis.

Johan menuturkan SSB telah berhasil mendesain dan memproduksi Blade Ejector Trailer 80 ton pertama di Indonesia dan telah dilengkapi teknologi dengan sistem kontrol elektronik untuk diuji cobakan dengan pelanggan. “Kehadiran alat berat angkut tersebut sebagai wujud nyata SSB dalam mewujudkan misinya yang relevan dalam mengoptimalkan produktivitas pelanggan,” katanya.

Melalui alat berat tersebut, sambung Johan, perusahaan berharap Blade Ejector Trailer 80 ton dapat menjadi solusi bagi konsumen dalam mengoptimalkan produktivitas. Ia berharap alat berat tersebut dapat dimanfaatkan untuk keperluan di berbagai industri sekaligus mendongkrak penjualan.

Selain, Blade Ejector Trailer 80 ton, produk unggul lainnya yang dimiliki perusahaan yakni Optiload. Produk tersebut dapat memaksimalkan proses hauling dan dumping material overburden atau coal pada saat digunakan, sehingga dapat meningktakan produktifitas dan efisiensi di sisi pelanggan.

Produk ini memanfaatkan rounded design pada sisi bagian dalam unit dan body heat, sehingga dapat diandalkan untuk meminimalisir potensi terjadinya carryback pada saat digunakan. “Hal ini menjadi fokus kami karena optimalnya proses pendistribusian beban material turut meningkatkan kapasitas payload Optiload jika dibandingkan dengan unit standar,” ujarnya.

Menurut Johan, ke depan, perusahaan fokus mengembangkan unit bisnis, memperluas jangkauan penyediaan jasa Products, Projects, Services, Recondition & Product Support serta melakukan adopsi teknologi dan inovasi-inovasi baru guna meningkatkan nilai dan kapabilitas bagi pelanggan.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved