Capital Market & Investment

ALDO Memproyeksikan Pertumbuhan Finansial Dikontribusikan Brown Paper

Direksi dan Komisaris ALDO mengamati brown paper. (Foto : Dok)

Perusahaan kertas dan bahan kimia terintegrasi, PT Alkindo Naratama Tbk (ALDO), memproykesikan pendapatan dan laba bersih di 2023 ini masing-masing sebesar 59% dan 77% untuk tahun 2023. Pertumbuhan ini diharapkan bisa dicapai seiring dengan mulai beroperasinya Paper Machine 2 untuk memproduksi brown paper di anak perusahaan, PT Eco Paper Indonesia (Eco Paper).

Produksi brown paper ini ditargetkan Eco Papermencapai 220 ribu ton hingga akhir tahun ini. Penjualan bersih ALDO didominasi oleh Eco Paper, produsen produk kertas cokelat ramah lingkungan. Kesadaran konsumen yang meningkat secara bertahap untuk kemasan ramah lingkungan telah membuka jalan bagi produk kemasan yang berkelanjutan, arah yang telah ditetapkan ALDO selama beberapa tahun terakhir.

Perseroan telah meningkatkan kapasitasnya untuk mengolah kertas bekas melalui penambahan mesin baru-baru ini, dengan ALDO memproses sekitar 80 juta kilogram kertas bekas setiap tahun untuk diubah menjadi produk seperti produk kertas kemasan coklat dan papan untuk berbagai keperluan.

Mesin yang terintegrasi baru-baru ini telah beroperasi penuh sejak Maret 2023 dan diperkirakan akan menggandakan penjualan ALDO pada 2023 setelah meningkatkan kapasitas pemrosesan kertas bekas sebesar 2,75 kali lipat. “Konsumen masa kini akan melakukan pembelian secara sadar, lebih memilih merek dan produk yang dapat membantu mereka mengurangi sampah plastik dan lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan. Merek-merek sadar lingkungan semakin banyak menggunakan produk kami yang berbasis kertas daur ulang untuk menunjukkan kepada pelanggan nilai yang mereka usung. Perkembangan ini sejalan dengan visi Perusahaan dan kami telah bekerja selama beberapa waktu untuk memenuhi kebutuhan yang berkembang ini,” kata Direktur Utama ALDO, H. Sutanto pada Selasa (20/06/2023).

Selain produk kertas seperti kemasan makanan dan kantong kertas, ALDO juga menawarkan berbagai bahan pokok manufaktur seperti pewarna tekstil, polimer berbasis air, dan papercore, yang semuanya telah mempertahankan permintaan yang solid dari berbagai produsen di seluruh Indonesia. Perusahaan memiliki ruang yang luas untuk tumbuh, terutama saat ini dengan adanya katalis seperti mesin baru.

Perseroan memahami bahwa pergeseran global menuju pilihan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan berjalan lebih dalam dari sekedar menawarkan produk berkualitas tinggi dan solusi kemasan yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan, Perusahaan juga mengintegrasikan nilai dan prinsip ESG di seluruh operasinya.

Mulai dari praktik produksi berkelanjutan, berbagi nilai dengan masyarakat sekitar, serta menjunjung tinggi kesetaraan dan keselamatan kerja. Prinsip-prinsip ini juga akan memungkinkan perusahaan untuk beroperasi lebih efektif dan dengan efisiensi yang lebih tinggi.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved