Capital Market & Investment

Sirkular Ekonomi Ngetren, INOV Optimistis Bisnis Daur Ulang Sampah Tumbuh

Pabrik daur ulang sampah plastik milik INOV. (dok INOV)

PT Inocycle Technology Group (INOV) terus mentransformasi sampah menjadi berbagai sumber daya yang berguna. Perusahaan yang memiliki kapasitas pengolah sampah plastik PET (polyethylene terephthalate) terbesar di Indonesia ini setiap tahunnya memproses 3 miliar sampah botol plastik menjadi berbagai produk seperti serat sintetis dari sampah botol PET daur ulang, produk bukan tenunan, serta berbagai peralatan rumah tangga.

“INOV berkomitmen untuk terus giat menjalankan bisnis ramah lingkungan yang berkesinambungan dengan mengolah limbah sampah plastik menjadi produk-produk berkualitas kelas dunia. Sembari membantu mengatasi masalah sampah plastik, INOV menghasilkan produk-produk yang berguna,” kata Direktur INOV, Victor Choi dalam paparannya di Public Expose, Rabu (21/06/2023).

Victor melanjutkan, Perseroan optimistis prospek bisnis daur ulang sampah akan tetap prospektif tahun ini dan menjadi solusi bagi lingkungan ke depannya. Pandangan optimis tersebut didasarkan pada meningkatnya tren circular economy sehingga semakin diperhatikan dan diwujudkan oleh perusahaan-perusahaan besar di dunia.

“Brand-brand global bahkan sudah mulai menyusun strategi untuk mencapai net zero emission atau meningkatkan recycled content dalam produksinya dalam jangka waktu 2, 5, bahkan 10 tahun mendatang. Gerakan ini terutama dilakukan oleh para plastic producer,” ujarnya.

Selain itu, Perseroan melihat bahwa kesepakatan para pemimpin G20 untuk memperkuat implementasi ESG (Environmental, Social, Governance) dan Industri Hijau, serta komitmen pemerintah Indonesia untuk mengurangi sampah plastik di lautan hingga sebesar 70% pada tahun 2025 juga semakin mendorong terciptanya situasi yang kondusif untuk perkembangan industri daur ulang sampah plastik. Oleh karena itu, INOV yakin bahwa ke depannya industri daur ulang akan semakin bertumbuh.

Baru-baru ini, pabrik dan washing facilities baru INOV sudah mulai beroperasi di Medan dan Subang, sehingga semakin meningkatkan kapasitas Perusahaan dalam menyerap sampah plastik. Dengan demikian, saat ini INOV telah mengoperasikan fasilitas pencucian (washing facilities) di 5 kota, seperti Solo, Mojokerto, Medan, Makassar, dan Subang. Sedangkan pabrik re-PSF tersebar di 4 kota yaitu Tangerang, Solo, Mojokerto, dan Medan.

Aktivitas bisnis Perseroan, baik dari sisi model bisnis maupun hasil dari bisnis inti Perseroan yaitu daur ulang plastik PET yang turut mengurangi emisi karbon dioksida atau gas rumah kaca lainnya, membuat INOV memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam carbon trading. Perseroan telah memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit karbon, yaitu sertifikat yang dapat diperdagangkan yang mewakili pengurangan karbon dioksida atau gas rumah kaca lainnya.

“Hasil audit emisi oleh pihak independen asal Inggris yaitu Planet Mark, pada tahun 2022 INOV berhasil mengurangi karbon sebesar 27% per karyawan dibandingkan tahun 2021. Selain karbon, kinerja Perseroan juga tumbuh positif,” ucap Victor.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id

Proses daur ulang sampah plastik PET.

Didukung kondisi makroekonomi yang membaik, Perseroan sukses mencatatkan kenaikan laba bersih tahun berjalan hingga 146% YoY, dari Rp 6,09 miliar menjadi Rp 14,95 miliar pada kuartal I tahun ini. INOV berhasil meraih peningkatan laba bersih yang signifikan berkat turunnya beban pokok penjualan dan peningkatan pendapatan lain-lain berkat kurs mata uang rupiah yang membaik dan stabil.

Penjualan bersih tercatat sebesar Rp 145,20 miliar pada Kuartal I-2023, dibandingkan Rp 184,75 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara beban pokok penjualan tercatat sebesar Rp 115,71 miliar, turun dibandingkan Rp 149,60 miliar pada kuartal I tahun 2022.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved