Automotive

Electrum Bangun Pabrik Motor Listrik, Mulai Produksi Juni 2024

Electrum, perusahaan motor listrik joint venture antara PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan PT TBS Energi Utama Tbk, memulai pembangunan pabrik motor listrik di Tanah Air. Berlokasi di kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang, ground breaking dilakukan pada Jumat (23/06/2023).

Dibangun di lahan seluas 3 hektare، pabrik akan memiliki kapasitas produksi sampai dengan 250.000 unit per line pada tahap awal, dan direncanakan akan memulai produksi pada Juni 2024. “Kapasitas 250 ribu motor listrik per tahun, tapi desainnya bisa untuk 1 juta. Ini untuk tahap awal, karena akan ada 2 hektar tambahan nanti. Diproyeksikan 12 bulan mendatang dari sekarang bisa mulai produksi,” ujar Pandu Sjahrir, Direktur Utama Electrum.

Atas pembangunan pabrik ini, Pandu menyatakan, pihaknya siap mendukung ekosistem kendaraan listrik roda dua dalam negeri, sekaligus mempercepat pengembangan industri kendaraan listrik sebagai upaya transisi energi berkelanjutan Indonesia.

“Menyediakan ekosistem kendaraan listrik roda dua yang menyeluruh mulai dari infrastruktur baterai hingga teknologi motor listrik untuk meningkatkan penggunaan motor listrik. Juga mendukung secara konkret target pemerintah dalam memproduksi sembilan juta motor listrik pada tahun 2030, hal ini juga sejalan untuk Indonesia net-zero emission 2060,” ucapnya.

Terkait hal ini, TBS Energi Utama akan menganggarkan mayoritas capex untuk bisnis tersebut. Juli Oktarina, Direktur TBS Energi Utama mengatakan, tahun ini pihaknya memang akan fokus mengalokasikan belanja modal untuk renewable energy dan kendaraan listrik. “Tahun lalu saja mencapai 80% capex,” tuturnya.

Adapun terkait penjualan motor listrik, Pandu menambahkan, Electrum akan fokus untuk memenuhi permintaan domestik terlebih dahulu pada tahun ini dan tahun depan. Electrum juga akan fokus pada pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sekaligus menggandeng industri dalam negeri untuk mendukung infrastruktur pendukung lain, termasuk baterai dan suku cadang yang dibutuhkan.

Lalu untuk mendukung keberlangsungan pabrik dan ekosistemnya, Electrum menjalin kerjasama joint development agreement dengan Pertamina Power Indonesia dan Pertamina Patra Niaga untuk pengemasan baterai, Planet Ban untuk Battery Swap Station (BSS) dan layanan purna jual, dan GIIC dalam pembelian dan penggunaan motor listrik Electrum secara bertahap sebagai kendaraan operasional di wilayah GIIC.

“Electrum akan terus berkolaborasi secara strategis untuk menghadirkan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi dan mengembangkan jaringan layanan purna jual baik secara mandiri maupun bermitra untuk meningkatkan akses kendaraan listrik roda dua untuk konsumen,” ujar Pandu.

Di acara yang sama, Catherine Hindra Sutjahyo, Direktur/Presiden Unit Bisnis On-Demand Services GoTo, menegaskan dukungan Grup GoTo bagi Electrum sebagai salah satu kontributor pertumbuhan Grup GoTo. Pembangunan pabrik ini juga sebagai langkah GoTo dalam hal sustainability yang targetnya semua driver akan memakai motor listrik pada 2030.

“Dalam waktu dekat kami berencana untuk mempermudah kepemilikan motor listrik bagi mitra pengemudi, sekaligus memperluas layanan GoRide Electric untuk menjangkau lebih banyak pelanggan,” ujar Catherine.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved