Technology Trends

Dana Luncurkan Layanan Transfer dari Luar Negeri ke Indonesia untuk PMI

Dana buka layanan transfer dari luar negeri ke Tanah Air. (Dok Dana)

Pekerja migran Indonesia (PMI) atau Tenaga kerja Indonesia (TKI) sebagai pahlawan devisa negara, telah terbukti dalam menopang pertumbuhan perekonomian nasional lewat pengiriman uang dari luar negeri ke Tanah Air, atau yang disebut dengan remitansi. Manfaat remitansi juga dirasakan langsung oleh keluarga pekerja migran, dalam memberikan kesejahteraan finansial hingga meningkatkan kualitas hidupnya.

Keutamaan remitansi tercermin pada data Bank Indonesia (BI) yang menyebutkan bahwa kuartal II 2022 remitansi mencapai US$2,39 miliar. Secara akumulatif, kiriman uang PMI ke keluarganya di Indonesia sepanjang semester I 2022 bahkan mencapai US$4,73 miliar atau tumbuh 4,32% (yoy) dibanding semester I tahun lalu. Prospek remitansi pun masih begitu besar, mengingat penempatan pekerja migran Indonesia yang masih terus melonjak hingga akhir 2022 lalu yaitu sebesar 590% (sektor formal) dan 52% (sektor informal).

Potensi serta peran remitansi yang menyumbang manfaat terhadap ekonomi makro tersebut, akhirnya Dana membuka akses sistem pembayaran dan layanan keuangan digital yang lebih inklusif. Dukungan tersebut diwujudkan lewat kerja sama Dana dan RIA Money Transfer, perusahaan pengiriman uang jaringan internasional, dalam menghadirkan layanan Inward Remittance atau Remitansi Masuk untuk memudahkan pengiriman uang dari PMI ke Indonesia dengan cepat, mudah, dan aman.

Rangga Wiseno, Chief of Product Dana Indonesia menyatakan bahwa berbagai inovasi Dana saat ini bermuara pada kebutuhan para customer. Melalui kerjasama ini, pihaknya percaya bahwa keikutsertaan Dana dan RIA Money Transfer dalam mendukung penyelenggaraan remitansi mampu berperan serta dalam memberikan solusi keuangan serta membuka berbagai kesempatan baru di kehidupan pekerja migran maupun keluarganya.

“Harapannya, efisiensi yang ditawarkan dompet digital seperti Dana dapat menstabilkan performa remitansi di masa yang akan datang. Upaya ini juga turut serta dalam meningkatkan literasi maupun inklusi keuangan masyarakat,” ujarnya, Selasa (27/06/2023).

Sri Andayani selaku Direktur Penempatan Nonpemerintah Kawasan Asia dan Afrika Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melihat prospek yang cerah dari remitansi bagi pekerja migran Indonesia. Menurut Sri, banyak dari keluarga PMI belum memiliki rekening, sehingga alternatif pengiriman uang yang masuk ke Dana bisa menjadi solusi pada saat ini. Kemudahan pembukaan akses keuangan oleh Dana juga memberikan manfaat bagi peningkatan inklusi keuangan.

Josef Pandu Untorojono dari RIA Money Transfer untuk Indonesia menyampaikan, tren saat ini terkait keuangan digital semakin bagus. Kerja sama ini sebagai bentuk upaya dalam memberikan layanan terbaik bagi konsumen RIA Money Transfer, termasuk pekerja migran Indonesia. “Kehadiran Dana ikut mendukung layanan kami, sehingga penerima manfaat dapat menerima uang kapan dan di manapun secara online real-time,” ucapnya.

Saat ini, layanan remitansi masuk Dana dan RIA Money Transfer dapat dilakukan oleh pekerja migran Indonesia di seluruh penjuru dunia, antara lain Malaysia, Arab Saudi, Singapura, Hong Kong, dan Taiwan. Pekerja migran Indonesia yang merupakan nasabah RIA Money Transfer atau disebut beneficiary, dapat mengirim uang ke Tanah Air dengan menyetor uang melalui layanan RIA Money Transfer hanya dengan memasukan nomor telepon.

Kemudian, penerima remitansi diharuskan memiliki akun dan menggunakan aplikasi Dana untuk menerima dana sesuai nominal yang disetorkan. Uang akan diterima dalam bentuk saldo Dana dan dapat segera digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pembayaran kebutuhan harian hingga pembelian investasi, asuransi, hingga pinjaman yang tersedia di dalam aplikasi Dana.

Lewat jaringan dan ekosistem terbuka yang luas, keluarga penerima remitansi juga bisa melakukan tarik tunai (Over the Counter atau OTC) di beberapa gerai mitra Dana yang tersebar luas di berbagai wilayah Indonesia. Tarik tunai dapat dilakukan melalui Alfamart, Pegadaian, dan Lawson.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved