Strategy

Kimia Farma Gandeng Optik Melawai Perluas Kelengkapan Produk di Outlet

PT Kimia Farma Apotek (KFA) memperkuat posisi sebagai peritel produk kesehatan (healthcare) melalui kolaborasi dengan Optik Melawai. Itu berarti masyarakat dapat menemukan produk-produk optik di outlet-outlet Kimia Farma yang mencapai lebih dari 1.200 outlet di seluruh wilayah Tanah Air.

Kerja sama KFA dan Optik Melawai resmi terbentuk dengan ditandatanganinya Perjanjian Utama Kolaborasi Pengembangan Usaha Retail dan Perjanjian Konsinyasi oleh Direktur Utama PT KFA Agus Chandra dan Direktur Utama PT Inti Citra Agung Eddyanto Hadisurjo di Jakarta (27/06/2023).

Agus menyampaikan bahwa kolaborasi ini memperkuat posisi Kimia Farma dan Optik Melawai. Konsepnya adalah Co-location Model, yaitu dapat berbentuk outlet di dalam outlet maupun berdampingan dalam satu lokasi. Beberapa jaringan di dalam outlet Kimia Farma ke depannya akan dibuka counter Optik Melawai yang akan menyediakan produk- produk optik antara lain kacamata, cairan pembersih lensa kontak, kacamata baca, hingga layanan optik seperti pemeriksaan mata dan pembuatan kaca mata.

Sebaliknya, beberapa jaringan di dalam outlet Optik Melawai akan dibuka counter Kimia Farma yang menyediakan produk-produk kesehatan KFA mulai dari obat-obatan, produk kecantikan (beauty product) seperti perawatan kulit (skincare) dan kosmetik, produk bayi dan anak seperti popok dan berbagai jenis susu, serta alat kesehatan dan produk kesehatan lainnya.

“Kerja sama ini memperkuat layanan kesehatan bagi masyarakat dengan menyediakan kacamata dan alat-alat optik selain obat-obatan, alat-alat kesehatan dan produk-produk kecantikan,” tutur Agus.

Perluasan ketersediaan produk kesehatan di outlet Kimia Farma juga terlihat dengan hadirnya produk-produk personal care (perawatan diri) untuk kebersihan tubuh, rambut, kulit dan wajah. Bahkan Kimia Farma juga menyediakan kebutuhan pelanggan lainnya seperti produk-produk susu, vitamin hingga makanan dan minuman kesehatan. Peningkatan jangkauan pelayanan kesehatan dan variasi produk serta layanan Kesehatan dihadirkan untuk kenyamanan pelanggan ini sejalan dengan slogan yang mulai digaungkan yaitu ‘Ingat Sehat, Ingat Kimia Farma.’

Tidak hanya itu, Agus pun memastikan kemudahan transaksi bagi pelanggan Kimia Farma untuk bertransaksi secara digital melalui Kimia Farma Mobile. Hal itu disebutnya sebagai komitmen perusahaan bagi layanan kesehatan untuk masyarakat menyusul pembukaan outlet-outlet baru dan perubahan tampilan di berbagai lokasi. Pada 6 Mei 2023, KFA melakukan grand opening 15 outlet, salah satunya di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Tidak lama lagi, Kimia Farma segera membuka beberapa outlet dengan konsep baru secara hybrid yang akan dipusatkan di Bali.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Inti Citra Agung Eddyanto Hadisurjo menyampaikan bahwa Optik Melawai merupakan jaringan optik terbesar di Indonesia, sedangkan Apotek Kimia Farma merupakan merupakan jaringan Apotek terbesar di Indonesia sehingga terjalinnya kerja sama ini merupakan kerja sama antara dua market leader di industrinya masing-masing.

“Hari ini, sangatlah menyenangkan karena kedua perusahaan besar ini telah memutuskan untuk bekerja sama dalam upaya memberikan solusi kesehatan yang lebih baik dan berkualitas kepada masyarakat yaitu dengan pembukaan cabang Optik Melawai di outlet Apotek Kimia Farma dan sebaliknya pembukaan cabang Apotek Kimia Farma di outlet Optik Melawai. Selain kerja sama pembukaan cabang. Kimia Farma juga akan berkolaborasi dengan menjual barang dari Optik Melawai yaitu berupa sunglasses , kacamata baca dan cairan pembersih lensa kontak,” ungkap Eddy.

Optik Melawai sebagai optik terbesar di Indnesia dengan pengalamannya yang panjang di bidang frame dan lensa kacamata serta lensa kontak dan Kimia Farma yang dikenal akan produk-produk farmasi berkualitas, adalah dua merek yang dipercaya masyarakat di Indonesia. Kombinasi keahlian dan pengalaman ini akan memberikan manfaat besar bagi para pelanggan kedua perusahaan.

“Kami percaya bahwa kerja sama ini akan membuka jalan bagi banyak kemungkinan yang menarik bagi kedua perusahaan, serta memungkinkan kami untuk menyediakan solusi kesehatan terintegrasi yang lengkap dan efektif bagi masyarakat,” tuturnya.

Hingga kini, KFA memiliki lebih dari 1.200 outlet yang berlokasi di seluruh Indonesia.

KFA memiliki apoteker dan staf berpengalaman, dengan seksama mendengarkan kebutuhan pelanggan, kemudian memberikan saran dan solusi yang profesional. KFA juga meluncurkan aplikasi Kimia Farma Mobile yang memungkinkan pelanggan dengan mudah mengakses berbagai macam produk farmasi, perawatan kesehatan, produk kecantikan, dan alat kesehatan.

Sementara Optik Melawai merupakan ritel optik yang telah memiliki lebih dari 300 outlet dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Didirikan pada 1981 oleh Budi Hadisurjo, nama optik ini diambil alamat lokasi pertamanya yang masih berdiri sampai saat ini yaitu Jalan Melawai Raya 191. Optik ini selalu menghadirkan koleksi kacamata maupun sunglasses dari berbagai brand terkemuka dunia seperti Cartier, Dior, Fendi, Gucci, Givenchy, Ferragamo, Boss Eyewear, Zegna, Porsche Design, Silhouette, Kenzo,Tommy Hilfiger, Kate Spade, Levi’s, Nike, Adidas, Under Armour, Puma, Skechers, Polaroid, dan masih banyak lagi. Lensa berkualitas dari brand Rodenstock maupun house brand-nya yaitu Illustro Lens serta berbagai pilihan lensa kontak juga tersedia.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved