Financial Report Capital Market & Investment Economic Issues

Ada Larangan Ekspor Bauksit, CITA Prediksi Pendapatan Tahun Ini Turun

Tempat pengolahan dan pemurnian alumina PT WHW. (Dok WHW)

PT Cita Mineral Investindo (CITA), emiten yang bergerak di bidang pertambangan bauksit dan produsen Smelter Grade Alumina (SGA) di Indonesia, melalui entitas asosiasinya PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW), memaparkan kinerja keuangan sepanjang 2022 serta prediksi dan rencana di 2023 dalam paparan publik tahun buku 2022.

CITA mencatatkan laba bersih sebesar Rp 744,82 miliar, atau tumbuh 31% dibandingkan tahun sebelumnya. Kontributor terbesar kenaikan ini adalah berasal dari serap laba WHW, entitas asosiasi.

Dalam paparan tersebut CITA juga menyatakan bahwa kinerja perseroan tersebut diperkirakan akan berdampak di tahun 2023 sebagai imbas larangan ekspor bauksit yang baru-baru ini diumumkan pemerintah. Larangan yang mulai berlaku efektif 10 Juni 2023 yang lalu tersebut ditetapkan dalam upaya untuk mendorong hilirisasi mineral logam di dalam negeri.

Kebijakan ini sejalan UU Minerba No 4 tahun 2009 sebagaimana telah diubah dengan UU Minerba No 3 tahun 2020, namun tidak dapat dipungkiri ada banyak pihak yang akan terdampak oleh larangan tersebut. “Larangan ekspor ini kemungkinan akan membuat kinerja kami menurun di tahun 2023. Tapi kami masih optimis dapat bertahan melalui dukungan dan pasokan kami ke WHW”, ujar Direktur CITA Yusak Lumba Pardede dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (30/6/203).

Diperkirakan penurunan kinerja tersebut masih akan berlanjut di tahun 2024. Di mana pendapatan Perseroan merefleksikan seluruh penjualannya untuk memenuhi kebutuhan MGB domestik, apabila tidak ada perubahan lain dalam regulasi.

Perseroan masih optimistis bisa bertahan dan berharap dengan peningkatan kapasitas WHW untuk memproduksi SGA sampai dengan 2 juta ton per tahun sejak 2022. Menurutnya, perseroan dapat meningkatkan supply MGB ke WHW.

Pada akhir tahun 2022, CITA melakukan penyertaan dalam PT Kalimantan Aluminium Industry dan PT Kaltara Power Indonesia untuk melakukan pembangunan smelter aluminium dengan kapasitas awal sebesar 500.000 ton per tahun di Kalimantan Utara. Hal ini juga merupakan salah satu wujud dukungan terhadap program hilirisasi yang dicanangkan Pemerintah.

PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) merupakan perusahaan yang bergerak bidang pertambangan bauksit dan produsen Smelter Grade Alumina (SGA) pertama di Indonesia melalui entitas asosiasi PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW). Tercatat di BEI sejak tahun 2002 CITA memiliki dua Entitas Anak usaha di bidang pertambangan bauksit, yaitu PT Harita Prima Abadi Mineral dan PT Karya Utama Tambangjaya.

Pada tahun 2012, CITA membentuk Entitas Asosiasi bernama WHW. WHW merupakan perusahaan patungan antara CITA (30%) dengan China Hongqiao Group Limited dari Tiongkok (56%), Winning Investment (HK) Company Ltd. (9%) dan Shandong Weiqiao Aluminium and Electricity Co. Ltd (5%). WHW pertama kali memproduksi SGA pada tahun 2016 dan telah melakukan ekspor perdana pada tahun yang sama.

Pada saat itu, WHW merupakan penghasil alumina/SGA pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan kapasitas produksi sebesar 1 juta ton per tahun. Pada tahun 2022, WHW telah menyelesaikan pembangunan fasilitas pengolahan alumina fase kedua sehingga kapasitas produksinya telah meningkat menjadi 2 juta ton per tahun.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved