Trends Economic Issues

Pertamina Lubricants Gandeng Pertamina Patra Drilling Contractor untuk Kontrak 2 Tahun

Kerjasama PTPL dengan Jasa Technical Services Assistance (TSA) (foto: dok Pertamina Lubricants)

Sebagai bentuk komitmen meningkatkan pelayanan di sektor energi, PT Pertamina Lubricants (PTPL), anak perusahaan Subholding Commercial & Trading PT Pertamina Patra Niaga yang mengelola usaha pelumas dan bahan kimia khusus (speciality chemicals), menandatangani kerja sama Jasa Technical Services Assistance (TSA) dengan PT Patra Driling Contractor (Pertamina PDC), selaku anak usaha PDSI dan PHE dalam Subholding Upstream pada pekan lalu di Jakarta.

Kerja sama ini mencakup kebutuhan jasa TSA untuk produk-produk speciality chemicals yang mana produk-produk tersebut merupakan hasil formulasi Research and Technology Innovation (RTI) Pertamina seperti produk Demulsifier (Pertadem), Corrosion inhibitor (Pertaguard), Pour point depressant (Pertaflow) dan produk lainnya.

Kontrak yang ditandatangani oleh Direktur Utama PTPL Werry Prayogi dengan Direktur Utama PDC Faried Iskandar Dozyn ini akan berjalan selama 2 tahun sampai dengan tahun 2025. PTPL sebagai manufaktur speciality chemicals yang berpengalaman akan memastikan bahwa produk yang diproduksi adalah dengan kualitas dan mutu terbaik. Disisi lain, PDC akan melakukan komersialisasi dan delivery kepada konsumen dalam bentuk produk dengan jasa servis untuk memberikan solusi operasi yang lengkap bagi konsumen, khususnya di oil and gas Industri.

Hal ini meliputi kegiatan uji lapangan, troubleshooting, layanan purna jual dan hal-hal lain sehubungan dengan aplikasi produk (Pertadem, Pertaguard, Pertaflow). Seluruh layanan tetap mengedepankan aspek kepuasan pelanggan dan QHSSE (Quality, Health, Safety, Security dan Environmental) yang tinggi.

Direktur Utama PTPL Werry Prayogi menegaskan pentingnya kolaborasi dan sinergi dalam Pertamina Group untuk mendorong inovasi produk dan layanan yang optimal.

“PT Pertamina Lubricants dipercaya untuk mengomersilkan produk-produk hasil Research Technology Innovation PT Pertamina (Persero) terutama produk specialty chemical untuk Oil Field Chemical dan beberapa produk tersebut akan lebih sempurna jika dikomersialkan bersama dengan jasa service, sehingga konsumen akan mendapatkan solusi lengkap. Oleh sebab itu hari ini kita berkomitmen untuk menjawab tantangan ini bersama Pertamina Patra Drilling Contractor,” imbuhnya.

Oki Muraza, SVP Research & Technology Innovation PT Pertamina (Persero) optimistis atas kerja sama ini guna menguatkan Pertamina dalam menggaet pasar baru, khususnya pasar produk specialty chemicals yang ceruk bisnisnya masih sangat besar, tidak hanya di hulu dan hilir Pertamina yang bisa mencapai 55 juta Dollar AS namun juga di luar Pertamina Group.

Harsono Budi, Direktur Perencanaan & Pengembangan PT Pertamina Patra Niaga mengungkapkan, intesifikasi bisnis specialty chemicals merupakan langkah strategis yang akan menjamin kelanjutan bisnis kedepannya. Sebagai Subholding Commercial & Trading, kami sangat mendukung partnership ini yang tentunya akan memberikan nilai tambah dan meningkatkan kompetensi dari PTPL dan Pertamina PDC serta memastikan produk dan pelayanan terbaik bagi konsumen di sektor energi.

Direktur Utama PDC, Faried Iskandar Dozyn pada kesempatan yang sama mengungkapkan, pihaknya senang mendapat kepercayaan untuk bekerja sama dalam satu ikatan strategis ini. “Sebagian besar services yang dilakukan PDC adalah untuk Grup Pertamina, namun kami juga sudah mulai melakukan ekspansi keluar. Untuk PDSI skalanya sekitar 40%, Grup Pertamina sekitar 55% dan sisanya di luar Pertamina 5%,” sambungnya dikutip dalam keterangan resmi, Senin (03/07/2023).

Lebih lanjut Faried mengatakan, PDC menjamin bahwa kepercayaan ini tidak akan sia sia . “Kami akan melakukan penjualan produk produk ini secara eksklusif. Grup Pertamina Group saat ini telah menggunakan produk chemical dia ntaranya Pertamina OSES, ONWJ dan Pertagas. Jadi masih terbuka kesempatan bagi kami untuk dapat menjual produk produk sejenis,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved