Automotive

Apa Saja Daya Tarik Wuling Air Ev Dibandingkan Mobil Listrik Lain?

Wuling makin gencar mengembangkan pasar mobil listrik di Indonesia. Terlebih masyarakat makin tertarik pada mobil yang dianggap ramah lingkungan. Tipe Wuling Air ev salah satu yang sedang tren dan diminati masyarakat. Mobil dengan empat bertenaga baterai harganya lebih terjangkau dibanding mobil listrik lain yang ada di pasaran.

Guna menarik pasar, Wuling bukan hanya menawarkan harga menarik, tapi juga diklaim memiliki fitur yang canggih. “Ada promo cukup murah, hanya Rp5 jutaan saja per tahun cicilannya. Ini setara dengan Rp 16 ribuan per hari, biaya yang jauh lebih murah dibanding ongkos transportasi umum,” jelas Brand & Marketing Director Wuling Motors Dian Asmahani.

Dian menjelaskan, rinciannya adalah, Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Wuling Air ev adalah Rp185 juta dengan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) per tahun harus dibayarkan sebesar Rp388.500. Kemudian untuk melakukan perawatan setahun atau 20.000 km, pemilik harus mengeluarkan biaya Rp544.000.

Selain itu, jika berbicara konsumsi listrik untuk Wuling Air ev juga tidak akan bikin kantong jebol. Jika diasumsikan, 1 kWh di Wuling Air ev bisa menempuh jarak 10 km. Menggunakan infrastruktur SPKLU PLN, dikenakan biaya listrik sebesar Rp2.475/kWh.

Dalam satu tahun atau 20.000 km, pemilik menghabiskan uang Rp4.950.000 untuk pembelian daya listrik Wuling Air ev.Selain itu, sebagai mobil listrik, Wuling Air ev tentunya bebas ganjil genap, mudah digunakan, serta mudah dilakukan pengisian baterai yang bisa dilakukan di rumah.

Dengan penyematan Wuling Indonesian Command (WIND) dengan kata kunci Halo Wuling, fiturnya diklaim canggih. Kemudian, pengemudi dan penumpang juga bisa mengaktifkan beragam pengoperasian di mobil dengan perintah suara, seperti mengatur AC, membuka jendela, melakukan panggilan telepon, mengganti musik, mengatur volume dan masih banyak lainnya. Selain itu, dibekali fitur kendali jarak jauh Wuling Remote Control App via Internet of Vehicle (IoV).

“Wuling Air ev juga dilengkapi dengan Integrated Floating Widescreen yang dibagi menjadi layar instrument cluster 10.25 inci dan head unit dengan ukuran yang sama. Layar besar di Air ev memang bertujuan memudahkan pengguna mengakses berbagai fitur yang ada pada mobil listrik ini,” imbuh Dian.

Sedangkan performanya, mobil listrik mungil canggih ini dilengkapi baterai lithium ferro-phosphate memiliki kapasitas 17,3 kWH untuk varian standard range, memungkinkan mobil ini memiliki jarak tempuh lebih dari 200 km (kondisi baterai penuh).

Dengan segala penawaran kemudahan untuk Wuling Air ev, mobil listrik ini memiliki catatan penjualan yang cukup bagus. Dari segi wholesale (pabrik ke dealer) pengiriman Wuling Air ev dari peluncurannya di bulan Agustus 2022 hingga bulan Mei 2023 telah tembus 9.497 unit. Menyoal harga, dikatakan Dian, untuk Standard Range dilepas Rp243 juta dan mendapat insentif sebesar Rp 21 jutaan. Sedangkan yang Long Range Rp299,5 juta dan mendapat insentif sebanyak Rp 26 jutaan.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved