Strategy

Strategi Doku Bidik UMKM

Doku meluncurkan inisiatif baru guna mendorong percepatan proses digitalisasi UMKM di Indonesia. Inisiatif yang diberi nama Juraga Doku ini, menggandeng komunitas strategis seperti Sahabat UMKM, Strive Indonesia (Mercy Corp & Mastercard) dan SparkLabs (Universitas Pelita Harapan).

Langkah strategis Doku membuktikan komitmen menggarap segmen UMKM setelah selama 16 tahun berfokus menggarap segmen korporat. Hal ini juga menjadi langkah transformasi bisnis Doku dari pionir payment gateway menjadi perusahaan teknologi pembayaran yang akan memperkuat penetrasi bisnis di Indonesia dan melebarkan sayap untuk memperluas bisnis ke Asia Tenggara beberapa tahun ke depan.

“Juragan Doku merupakan inisiatif kami untuk pertumbuhan lanjutan (growth initiatives) yang menyasar segmen pasar UMKM Indonesia, setelah tahun lalu kami melakukan ekspansi bisnis ke Malaysia melalui akuisisi senangPay,” ungkap CEO Doku Chris Yeo.

Chris melanjutkan, Juragan Doku menawarkan cara terima pembayaran yang cepat, mudah dan lengkap baik online maupun offline bagi para penjual di media sosial atau yang lebih dikenal dengan sebutan social sellers.

“Mereka menjadi target pasar utama bagi Juragan Doku di fase awal ini. Melalui Juragan Doku, kami berharap tidak hanya dapat meningkatkan jumlah transaksi sukses saja, namun juga mendukung social sellers untuk memperluas basis pelanggan mereka dengan tersedianya berbagai metode pembayaran,” terangnya.

Inisiatif Juragan Doku menawarkan layanan terima pembayaran instan dengan fitur-fitur langsung pakai (tanpa integrasi) seperti payment link, e-katalog, QRIS dan instant checkout. Selain fitur produk yang dapat diakses melalui web maupun aplikasi Juragan Doku (tersedia di Play Store dan Apple Store), Doku juga mulai merintis ekosistem melalui program pendampingan khas untuk para Juragan.

Head of SME Doku Angga Narendra menjelaskan, fitur-fitur yang menerima pembayaran langsung pakai menjadi landasan dan misi fundamental dari Juragan Doku untuk digitalisasi UMKM Indonesia.

“Namun dukungan kami untuk UMKM tidak berhenti hanya di pengembangan produk. Dengan infrastruktur pembayaran yang lengkap, pengalaman dan jaringan mitra korporat yang dimiliki Doku sebagai pionir payment gateway, kami ingin memberikan dukungan yang optimal untuk mendorong kemajuan UMKM Indonesia,” jelas Angga.

Sejak Juragan DOKU hadir di awal 2023 secara organik, tercatat sebanyak 10.000 UMKM Indonesia sudah bergabung menjadi Juragan. Indikasi ini yang membuat Doku semakin yakin untuk melanjutkan ekspansinya untuk menggarap segmen UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian bangsa.

Fitur-fitur unggulan di aplikasi ini antara lain Instant Checkout, tTransaksi sukses via postingan story Instagram yang sudah disematkan link instant checkout. Pelanggan dapat langsung melakukan pembayaran tanpa harus berpindah aplikasi/platform. Lalu, Payment Link, beragam cara terima pembayaran mulai dari aplikasi chat, email, atau DM media sosial. Buat payment link ringkas, siap sebar dengan mengikuti 3 langkah mudah.

Selama 16 tahun hadir di Indonesia, Doku telah melayani lebih dari 150 ribu merchant payment gateway dari 18 kategori bisnis dan lebih dari 5 juta pengguna e-wallet. Tahun 2022 menjadi tahun prestasi bagi Doku pasca pandemi COVID-19 yang mencatat jumlah transaksi sukses mencapai 145 Juta dan secara volume, transaksi Doku bertumbuh sebesar 80% jika dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan pencapaian ini, Doku telah mengantongi profit terhitung sejak Kuartal IV/2022.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved