Automotive

PLN Gandeng Himbara Permudah Akses Kredit Pembelian Motor Listrik

Sepeda motor listrik dalam pameran Expoversary BCA. (Foto Ubaidillah/SWA)
Sepeda motor listrik dalam pameran Expoversary BCA. (Foto Ubaidillah/SWA)

Perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersinergi mendorong ekosistem kendaraan listrik semakin tumbuh di Indonesia. Upaya ini salah satunya diwujudkan dengan kolaborasi PT PLN (Persero) dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dalam akses kredit dan pendanaan menyusul insentif sebesar Rp7 juta yang diberikan pemerintah.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, kolaborasi PLN dengan berbagai pihak untuk memastikan bantuan dan program pembiayaan tersalurkan dengan baik kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan kendaraan listrik melalui skema pembiayaan ringan dengan cara yang mudah.

“PLN dengan Himbara bergerak bersama dalam semangat yang sama untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik. Sinergi ini dilakukan agar masyarakat tidak ragu untuk memiliki motor listrik karena semakin mudah dan terjangkau,” ujar Darmawan dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (05/07/2023).

PLN juga menyiapkan berbagai insentif dalam setiap pembelian motor listrik di Aplikasi PLN Mobile. Di antaranya, berupa voucher token listrik untuk pelanggan prabayar, diskon tagihan listrik untuk pelanggan pasca bayar, voucher untuk melakukan battery swap secara gratis, pemberian jaminan asuransi kecelakaan, bahkan akan diadakan berbagai undian berhadiah umroh, motor listrik, dan mobil listrik.

Ketua Project Manager Officer Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) Dannif Danusaputro mengatakan, bantuan ini membuat masyarakat bisa memiliki motor listrik dengan harga lebih terjangkau. “Ini bagi teman-teman yang belum tahu, ada program insentif untuk beli motor listrik. Nanti kami akan terus galakkan setiap itu dapat insentif Rp 7 juta per motor. Misal harganya Rp 17 juta karena dapat insentif jadi Rp 10 juta,” ujar Dannif.

Dannif mengatakan, untuk memudahkan masyarakat memiliki kendaraan listrik, BUMN melalui Himbara memudahkan penyaluran bantuan pemerintah untuk pembelian motor listrik. Begitu juga skema pembiayaan motor listrik akan lebih mudah dan ringan.

“Mengenai pembiayaan, kami melalui program seluruh bank Himbara maupun dari bank swasta yang membuat motor listrik sekarang harganya sangat-sangat kompetitif. Jadi walaupun mungkin harganya lebih mahal tetapi insentif pembiayaan, dengan potongan itu lebih efisien dan ujung-ujungnya lebih murah,” ujar Dannif.

Consumer Loan Group Bank Mandiri, Zu Niki Mada memastikan dukungan pembiayaan dari Himbara bagi masyarakat yang ingin membeli motor listrik. Saat ini kata Niki, Himbara sudah bekerja sama dengan sejumlah dealer kendaraan listrik untuk memudahkan para calon pembeli kendaraan listrik dalam menentukan skema pembayaran.

“Himbara sudah banyak bekerja sama dengan dealer untuk pembelian motor listrik. Selain itu, jika malas ke dealer, kalian juga bisa mengecek skema pembayaran dan membeli motor melalui aplikasi Livin By Mandiri,” kata Niki.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved