Business Research Trends

Ini Faktor Laba Samsung Electronics Global Turun

ilustrasi grafik naik turun (freepik)

Laba Samsung Electronics (005930.KS) pada Kuartal I/2023 ini diperkirakan akan turun 96% year on year dalam ke level terendah, karena kelebihan chip terus mendorong kerugian besar dalam bisnis raksasa teknologi itu meskipun pemotongan pasokan.

Melansir Reuters, (06/07/2023), hasil dari analisis Refinitiv SmartEstimate menyebutkan bahwa laba operasional untuk pembuat chip memori, gawai pintar, dan terbesar terbesar di dunia kemungkinan turun menjadi ₩555 juta pada kuartal April-Juni.

Jika demikian, itu akan menjadi laba terendah Samsung sejak Kuartal IV/2008, ketika Samsung Electronics melaporkan kerugian operasi konsolidasi sekitar ₩740 miliar dibandingkan dengan laba operasi 14,1 triliun won pada kuartal April-Juni tahun lalu.

Ini karena divisi chipnya, yang secara tradisional merupakan penghasil terbesarnya, kemungkinan besar melaporkan kerugian triwulanan sekitar ₩3 triliun hingga ₩4 triliun won disebabkan harga chip memori yang menurun lebih jauh dan nilai inventarisnya terpangkas.

Menurut TrendForce, harga chip memori DRAM banyak digunakan di gawai pintar, PC, dan server terus merosot pada kuartal ini, turun sekitar 13% hingga 18% menurut karena pembeli chip menahan diri untuk tidak membeli chip baru dan menghabiskan persediaan.

Namun, penurunan harga melambat dari kuartal sebelumnya karena Samsung Electronics dan rekan-rekan chip memori memangkas pasokan, dan diperkirakan akan mencapai titik terendah sekitar kuartal ketiga, meskipun pemulihan yang substansial mungkin tidak akan terjadi hingga tahun 2024, kata para analis.

Terlepas dari penurunan saat ini, “Samsung berupaya meningkatkan pangsa permintaan chip dari bidang kecerdasan buatan (AI) yang meledak, seperti dengan memori bandwidth tinggi (HBM) dan pembuatan kontrak chips”, katanya.

Sementara disisi bisnis seluarnya kemungkinanan melaporkan laba operasi sekitar ₩3,3 triliun, karena upaya untuk memotong biaya pemasaran mengimbangi sedikit penurunan dalam pengiriman smartphone dibandingkan kuartal pertama, ketika Samsung meluncurkan model gawai lipat andalan terharunya pada akhir bulan ini.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved