Book Review

Perjalanan Bisnis Keroyokan Dituangkan di Buku 'Sukses Lewat Kongsi'

Pendiri Long Distance Creator, Selly Fatmawati dan Lisa Indriati, merilis buku berjudul ‘Sukses Lewat Kongsi’. Buku tersebut berisi sebuah catatan perjalanan Selly dan Lisa yang sukses lewat bisnis berkolaborasi dan kiat-kiat menjalaninya. Buku yang dirilis pada 9 Juni 2023 ini lahir sebagai bentuk rekam jejak perjalanan bisnis mereka sejak awal pertemuan keduanya, dan berisi berbagi tips dalam menjalani bisnis kerja sama.

Cerita singkatnya dimulai dari hubungan Selly dan Lisa yang berawal dari rekan kerja di kantor yang sama pada 2015 silam. Momen dimulai saat kantor tersebut akan melaksanakan acara grand opening sehingga membuat mereka berinteraksi cukup sering karena mengatur persiapan acara. Mulai dari sana keduanya menjadi akrab dan kecocokan antara satu sama lain pun muncul. Hingga saat 2017 bisnis kongsi pertama mereka dimulai.

Dalam buku ini menjelaskan bahwa kongsi menjadi bagian terpenting bagi Selly dan Lisa dalam menjalankan bisnis. Karena dalam bisnis yang pelaksananya lebih dari satu orang, harus menggunakan prinsip kongsi yang jelas. “Satu bisnis dengan dua kepala ibarat anak kembar yang tidak ingin melulu disamakan. Perbedaan pendapat, pandangan serta paradigma akan selalu terjadi selama bisnis kongsi berjalan. Namun, hal-hal perbedaan seperti itulah yang patut dijadikan masukan”, ujar Selly dan Lisa dalam bukunya.

Menurut Selly, prinsip kongsi yang jelas digambarkan secara lebih lengkap dalam buku ini. Buku ini juga menjelaskan tentang ‘8 jam ketiga’ yang sangat berpengaruh dalam memaksimalkan kemajuan bisnis. “Dengan menyadarinya, kita akan menghormati dan menghargai kekuatan yang dapat terjadi karena 8 jam ketiga tersebut,” ujar Selly.

Buku ini dikemas dengan jelas yang akan membantu para perintis bisnis yang ingin memulai bisnis dengan kerja sama, salah satunya apa saja hal-hal fundamental yang harus disiapkan sebelum memulai bisnis keroyokan. Selly dan Lisa berharap buku ini dapat menjadi inspirasi dan pedoman bisnis kerjasama untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved