Trends

Perkuat Posisi Pasar TV di Asia, LG Dirikan Pusat R&D di Indonesia

Untuk memperkokoh posisi produk TV-nya di Asia khususnya dan tingkat global, LG Electronics (LG) mengumumkan pendirian pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D) terbarunya di Indonesia. Menurut Park Hyoung-sei, Presiden LG Home Entertainment Company, pusat penelitian dan pengembangan ini menjadi langkah maju baru bagi LG. Memungkinkan untuk menjangkau konsumen dengan lebih baik melalui operasi satu atap yang dengan mudah menghubungkan semua langkah rantai pasokan, mulai dari pengembangan produk hingga layanan pengguna.

Park Hyoung-sei menambahkan, keberadaannya akan memainkan peran kunci dalam meningkatkan optimalisasi pada operasional yang bakal memperkuat produk TV LG di Asia dan sekaligus memperkokoh pijakan perusahaan di pasar TV global. “Fasilitas ini akan pula menjadi tempat pengujian berbagai inovasi terbaru LG yang bakal menjadi bagian pengembangan TV bagi pasar global,” katanya.

Diakui Park, pendirian pusat penelitian dan pengembangan LG di Indonesia ini sejalan dengan arahan CEO LG, William Cho. Saat kunjungannya ke Indonesia pada April lalu, William Cho menekankan pentingnya sepenuhnya melokalkan operasi bisnis untuk memberikan tingkat keunggulan baru dalam kualitas, biaya dan pengiriman.

Peran pokoknya, pusat penelitian dan pengembangan LG di Indonesia ini akan mengawasi semua proyek penelitian terkait produk TV yang menargetkan pasar global. Disisi lain, keberadaannya juga akan berperan untuk mengembangkan berbagai varian baru produk TV LG yang akan lebih ditujukan untuk melayani pasar yang berkembang pesat di Asia dan juga khususnya Indonesia.

Sebelumnya tercatat LG telah memiliki dua fasilitas dari anak perusahaannya di Indonesia, LG Electronics Indonesia, yaitu fasilitas produksi TV di Cibitung, Bekasi dan kantor pusat pemasaran penjualan di Jakarta. Pusat Penelitian dan Pengembangan LG di Indonesia ini terletak di salah satu lokasi area pabrik LG di Cibitung, Bekasi.

Berdirinya pusat penelitian dan pengembangan LG di Indonesia ini pun bukanlah sebuah hal yang tiba-tiba. Langkah ini diawali dari inisiatif LG membuat pusat penelitian dan pengembangan LG Electronics Indonesia pada tahun 2021 lalu. Langkah ini kemudian diikuti dengan pembentukan tim baru di bawah Home Entertainment Company yang merupakan bagian perusahaan LG yang mengkhususkan diri pada pengembangan dan pemasaran produk terkait perangkat hiburan rumah.

Untuk mendukung berbagai proyek penelitian dalam fasilitas barunya ini, LG berencana mempekerjakan lebih banyak profesional dan bertujuan untuk meningkatkan jumlah karyawan menjadi 500 orang pada tahun 2025. Disamping itu, perusahaan juga akan memperkuat hubungan dengan universitas lokal, meluncurkan proyek kerja sama industri-akademis untuk menemukan bakat baru di berbagai area yang diperlukan.

“Pembukaan pusat penelitian dan pengembangan tersendiri di Indonesia ini menjadi puncak dari upaya ini dan akan berfungsi sebagai landasan peluncuran inovasi terbaru perusahaan bagi pasar global,”kata Park Hyoung-sei.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved