Business Research Trends

Schneider Indonesia Jadi Perusahaan Terbaik untuk Bekerja di Asia Tahun 2023

PT Schneider Indonesia, bagian dari Schneider Electric, perusahaan global dalam transformasi digital dalam manajemen energi dan otomasi, diganjar ‘Best Companies to Work for in Asia 2023’ dari HR Asia, program penghargaan praktik Sumber Daya Manusia (SDM) di Asia.

Penghargaan ini diraih Schneider Indonesia karena keberhasilannya mencetak skor di atas rata-rata pasar secara keseluruhan. Dalam hal ini, Schneider Indonesia meraih nilai tinggi pada kategori transformasi digital, budaya inklusif dan kolaboratif, serta komitmen perusahaan terhadap kesejahteraan karyawan. Hal tersebut mencerminkan sikap proaktif, upaya, dan komitmen berkelanjutan perusahaan untuk menciptakan iklim kerja yang efektif, suportif, berwawasan ke depan, dan setara bagi semua talenta perusahaan di semua lini kerja.

Transformasi digital dalam pengelolaan SDM Schneider Indonesia terwujud salah satunya melalui ‘Open Talent Market’, suatu sistem pengembangan karier bagi karyawan yang memanfaatkan kekuatan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Model tersebut menjadi kunci sukses dalam memfasilitasi perkembangan talenta internal sekaligus penerapan langsung komitmen berkelanjutan perusahaan untuk memanfaatkan teknologi dalam pembangunan SDM.

“Schneider Indonesia merasa terhormat dinobatkan sebagai salah satu Best Companies to Work for in Asia 2023 oleh majalah HR Asia untuk pertama kalinya. Penghargaan ini sebagai salah satu bukti komitmen kuat kami dalam mendorong dan mempromosikan keragaman, kesetaraan, dan inklusi, serta memprioritaskan keterlibatan karyawan, dan memastikan tempat kerja di mana individu dapat tumbuh dan berkembang,” terang Roberto Rossi, Cluster President Schneider Indonesia dan Timor Leste.

Untuk menjamin agar setiap talenta diberdayakan dalam menunaikan pekerjaannya, perusahaan senantiasa mengevaluasi bias kognitif dan perilaku yang tersembunyi, menutup kesenjangan pendapatan, dan mendukung karyawan-karyawannya untuk selalu terlibat dan diberdayakan untuk menyelesaikan pekerjaannya secara optimal.

Schneider Indonesia juga membuat beragam kemajuan yang signifikan dalam menciptakan lingkungan kerja yang suportif, sebagaimana dinyatakan salah satunya melalui Kebijakan Global Family Leave 2.0. Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan karyawan menikmati waktu yang lebih lama dan berkualitas dengan keluarga dan orang terdekatnya – misalnya pemberian cuti bagi karyawati yang baru melahirkan waktu cuti selama 20 minggu (maternity leave), dan cuti selama 4 minggu bagi para karyawan yang istrinya baru melahirkan (paternity leave). Selain itu, perusahaan memberikan cuti berbayar bagi karyawan yang ingin merawat keluarganya sakit selama 10 hari kerja, dan ini dikenal sebagai care leave.

Sejalan dengan Employee Value Proposition (EVP), perusahaan percaya bahwa great people makes Schneider Electric a great company. Hal ini menjadi landasan perusahaan dalam melakukan berbagai upaya untuk menciptakan lingkungan yang kolaboratif dan inklusif di mana karyawan diberdayakan untuk dapat unggul dan terus berinovasi.

“Penghargaan ini bertepatan dengan perjalanan Schneider Electric di Indonesia yang ke-50, dyang mana sebagai impact company, Schneider tidak akan berhenti sampai di sini dan akan terus memprioritaskan kesejahteraan dan pertumbuhan profesional talenta terbaik. Kami juga melakukan evaluasi agar tetap up to date dengan kebutuhan generasi mendatang agar Schneider Indonesia tetap menjadi perusahaan pilihan di industri ini,” tutur Roberto.

Di Indonesia, ajang pemilihan perusahaan terbaik untuk bekerja di Asia yang dilakukan oleh HR Asia telah dimulai sejak tahun 2016, menarik minat dan partisipasi dari perusahaan yang masuk ke dalam jajaran Fortune 500, perusahaan multinasional, serta BUMN. Dalam proses pemilihan, HR Asia menerapkan metode Total Engagement Assessment Model untuk menilai dan mengukur keterlibatan karyawan setiap perusahaan yang berpartisipasi, pada tiga pilar utama, yaitu: 1. Kepemimpinan dan Budaya, 2. Keterlibatan individu, dan 3. Dinamika tim.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved