Management SWA Online Trends

Indonesia Mencari Founders Ajak Pebisnis Bisa Scale Up

Konferensi Indonesia Mencari Founders (IMF). (dok. Gratyo)

Pertumbuhan ekonomi digital Indonesia tergolong yang tertinggi di Asia Tenggara dan UMKM menyumbang 97% lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. Hal inilah yang melatarbelakangi Gratyo Practical Business Coaching membuat program Indonesia Mencari Founders (IMF) sejak tahun 2022.

Untuk menyukseskan program ini, Pendiri & Master Coach Gratyo Yohanes G. Pauly menggandeng Indrawan Nugroho dari CIAS, Airyn Tanu dari Passion Jewelry, Donny Pramono dari Sour Sally Group, Coach Ferry Dafira dari Gratyo BusinessVersity, didukung oleh Sandiaga Uno serta Grace Tahir dari Mayapada Healthcare Group.

“Satu hal yang paling penting di bisnis apapun adalah bagaimana membuat customer antre beli produk atau jasa Anda dan memberikan profit sehat yang terus menerus. Setelah itu, barulah mulai bangun sistem praktis agar bisnis bisa repeatable, scalable dan sustainable. Makanya setiap pemilik bisnis UMKM harus pelajari marketing & branding dan 4 kaki meja bangun bisnis agar profitable dan auto-pilot,” kata Yohanes.

Menurut Sandiaga Uno, sudah lebih dari 20 juta UMKM yang berhasil bertransformasi ke ekosistem ekonomi digital. Ia bahkan optimistis jumlah tersebut dapat menembus angka 30 juta di tahun 2024. Di sinilah Indonesia Mencari Founders (IMF) lahir sebagai langkah konkret mendukung upaya pemerintah dalam menumbuhkan UMKM dan ekosistem ekonomi digital kelas dunia.

Indonesia Mencari Founders bertujuan mencari pemilik bisnis UMKM dan calon entrepreneur untuk di-coaching gratis oleh perusahaan business coaching kelas dunia selama 12 bulan senilai lebih dari Rp 1 miliar dan selalu mendapatkan sambutan hangat dari publik.

Itu terbukti pada Indonesia Mencari Founders 2022 tercatat sebanyak 4.000 lebih bisnis ikut berpartisipasi. Angka itu melebihi target awal, yakni 1.000 bisnis. Di IMF 2023 ini antusiasnya semakin tinggi, terlihat dari jumlah pendaftar yang menyentuh angka 4.000 hanya dalam waktu 2 minggu saja. Diperkirakan IMF 2023 ini akan diikuti oleh 10.000 UMKM dalam 1 bulan pendaftaran, naik 10x lipat dari rencana awalnya.

“Kami ingin UMKM Indonesia naik kelas dan dalam jangka panjang bisa jadi bisnis skala nasional. Namun jika mengutip dari The Inc, faktanya hanya tiga persen bisnis yang bisa bertahan di 10 tahun pertama. Dengan waktu, tenaga, dan uang yang dimiliki, kita ingin membantu bisnis UMKM Indonesia bisa melalui 5 tahun, 10 tahun, hingga 100 tahun bisnisnya untuk bisa jadi legacy,” tambah Yohanes.

Ferry Dafira, Pendiri Gratyo BusinessVersity menambahkan, pendaftaran Indonesia Mencari Founders (IMF) 2023 dimulai dari pertengahan bulan Juni sampai Juli 2023. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 26 Agustus 2023 di annual event Indonesia Founders Conference (IFC) 2023 yang rencananya akan dihadiri oleh Sandiaga Uno dan Grace Tahir.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved