Technology

Flexi Saving untuk Perluas Layanan Asuransi via Digital

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), menemukan masih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki keterbatasan akses ke produk maupun layanan perbankan, serta layanan jasa keuangan lainnya, termasuk asuransi. Per tahun 2022, tingkat inklusi keuangan di sektor perasuransian sebesar 16,63%, lebih rendah dibandingkan tingkat inklusi keuangan di sektor perbankan sebesar 74,04%i.

Namun, gap tersebut sudah mengalami perbaikan jika dibandingkan tahun 2019, di mana tingkat inklusi keuangan di sektor perasuransian tercatat 13,15%, sementara tingkat inklusi keuangan di sektor perbankan sebesar 73,88%. Peningkatan inklusi keuangan ini juga tidak terlepas dari optimalisasi sarana dan prasarana digital yang dimanfaatkan untuk mengoptimalkan keterjangkauan produk maupun layanan asuransi secara daring.

Perusahaan asuransi jiwa yang berfokus pada pengembangan infrastruktur digital sejak pertama kali hadir pada tahun 2014, PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) terus mengoptimalkan penjualan via e-commerce miliknya Ilovelife. Di mana, hingga Mei 2023, terjadi peningkatan traffic di e-commerce Ilovelife sebesar 105% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Stephanie Arvianti Gunadi selaku Direktur Astra Life menjelaskan jumlah kunjungan ke Ilovelife mengalami pertumbuhan secara positif setiap tahunnya. Jumlah traffic kini telah menembus angka 1,1 juta kunjungan. “Memasuki semester kedua 2023, kami optimistis, e-commerce yang kami miliki masih akan terus menjangkau lebih banyak masyarakat yang turut akan berdampak pula pada peningkatan inklusi keuangan, sesuai agenda yang dicanangkan oleh pemerintah,” kata Stephanie dalam rilis resmi, dikutip (10/07/2023).

Stephaniemenjelaskan, visi Astra Life adalah hadir di setiap rumah masyarakat Indonesia. Ia optimis hal ini bisa dicapai salah satunya adalah dengan mengoptimalkan digitalisasi yang selama ini disambut secara positif oleh masyarakat.

Untuk semakin memperluas variasi produk asuransi yang ditawarkan secara digital, Astra Life meluncurkan Flexi Saving, yang merupakan produk Asuransi Dwiguna dengan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia yang disertai dengan Manfaat Tahapan dan Manfaat Akhir Kontrak. Nasabah bisa mendapatkan keunggulan produk berupa Manfaat 100% Uang Pertanggungan jika tutup usia, Manfaat 200% Uang Pertanggungan jika tutup usia akibat kecelakaan, Manfaat Tunai sebesar 5% Uang Pertanggungan setiap 3 tahun, serta Manfaat 100% Uang Pertanggungan di akhir kontrak.

“Dalam upaya memastikan rasa aman dan nyaman bagi nasabah, Flexi Saving (ASLI Pelita Proteksi Rencana) telah tercatat dan mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini sejalan dengan komitmen Astra Life untuk konsisten menjalankan bisnis berlandaskan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance) dengan tetap mengindahkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved