Corporate Action Capital Market & Investment

Waskita Garap Projek Jalan Feeder Kawasan Inti IKN Senilai Rp1,3 Triliun

BUMN karya, PT Waskita Karya (WSKT) melalui unit bisnisnya yaitu Infrastructure II Division memenangkan tender untuk mengerjakan pembangunan proyek Jalan Feeder Distrik Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Adapun nilai paket pekerjaan tersebut sebesar Rp 1,3 triliun.

Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto menjelaskan dalam kontrak kerja, pembangunan pekerjaan ini membutuhkan waktu selama 390 hari dan diperkirakan akan selesai pada bulan Agustus 2024. “Pembangunan projek ini diiringi dengan sistem modernisasi BIM (Building Information Modeling) agar mempercepat dan mempermudah kami dalam menyelesaikan pekerjaan ini sesuai dengan target yang ditentukan,” ucap Dhetik dalam keterangan resmi, Senin (10/07/2023).

Menurut Dhetik, pembangunan jalan feeder distrik kawasan inti pusat pemerintahan ini terbagi menjadi enam bagian jalan yang akan dikerjakan. Enam jalan yang akan dikerjakan yaitu Jalan Grande, Jalan Akses Grande, Jalan Plaza Seremoni, Jalan Plaza Sipil, Jalan Distrik Bhineka dan Jalan Distrik Rumah Tapak. Ada beberapa jalan yang sebagian sudah dikerjakan karena sebelumnya digunakan akses untuk keperluan logistik projek.

“Tentunya Waskita memiliki tantangan tersendiri dalam mengerjakan pembangunan di IKN yaitu banyak projek-proyek yang on going dikerjakan yang dimana area kerja pasti akan bersinggungan dengan projek lain. Oleh karena itu koordinasi yang intens dengan kontraktor lain sangat dibutuhkan agar mengurangi hambatan yang ada,” ujarnya.

SVP Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita bahwa koordinasi saat berjalannya pekerjaan sangat dibutuhkan. Koordinasi diperlukan setiap saat, agar pekerjaan tidak terganggu dan tidak mengganggu pekerjaan projek yang lain. “Sebelumnya di kawasan KIPP, ada juga projek-projek Waskita yang sedang berjalan,” ucapnya.

Saat ini Waskita tengah mengerjakan beberapa projek IKN di antaranya yaitu, Projek Jalan Tol IKN Ruas 5A yang di dalamnya terdapat Jembatan Dirgahayu, Projek Jalan Lingkar Sepaku Segmen 4, Projek gedung Sekretariat Presiden dan fasilitas Gedung penunjang, Projek gedung dan kawasan Kementerian Koordinator Paket 3, Projek gedung dan kawasan Kementerian Koordinator Paket 4 dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 1, 2, 3.

“Kami bersyukur atas kepercayaan pemerintah telah menunjuk Waskita untuk mengerjakan projek Jalan Feeder Distrik KIPP. Proses pembayaran proyek ini dilakukan dengan sistem pembayaran monthly payment yang dimana dengan sistem ini, arus kas perseroan bisa berjalan dengan lebih sehat dan lancar,” kata Ermy.

Dhetik mengaku, perseroan juga berupaya untuk selalu mengutamakan aspek-aspek tata kelola yang baik, terutama dalam hal transparansi, lean construction serta efisiensi dan efektivitas dalam menjalankan proses bisnis. “Kami berkomitmen akan menjaga bersama, sehingga projek ini bisa memenuhi seluruh keinginan dari stakeholder untuk mewujudkan seluruh target yang diinginkan,” ujar Dhetik menutup keterangannya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved