Trends Economic Issues

Uji Coba Penumpang Tahap Pertama, LRT Siap Beroperasi Agustus

LRT Jabodebek mulai melakukan uji coba penumpang secara bertahap sampai rangkaian siap beroperasi komersial pada 18 Agustus 2023. Tahap pertama dimulai pada 12 Juli 2023 hingga 26 Juli 2023. Selanjutnya, tahap kedua akan dilakukan pada 27 Juli 2023 hingga 15 Agustus 2023.

“Uji coba ini terus dilakukan untuk memastikan aspek keselamatan dan kesiapan sistem operasi,” kata Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI (12/07/2023). Dia berharap, sistem operasi dan layanan akan semakin matang saat uji coba yang melibatkan masyarakat umum pada fase kedua.

Menhub menjelaskan kehadiran layanan LRT Jabodebek sudah sangat dinanti-nantikan masyarakat di Jakarta maupun di kota penyangga seperti Bogor, Depok, Bekasi, dan sekitarnya, karena mampu mempersingkat waktu tempuh perjalanan dari Jakarta ke kota penyangga maupun sebaliknya. “Saat ini masyarakat yang mau mendaftar untuk mencoba LRT Jabodebek sudah puluhan ribu,” ujarnya.

Di sisi lain, Budi Karya juga meminta Pemerintah Daerah untuk mengoptimalkan Integrasi antarmoda dengan moda lainnya seperti : Transjakarta, Angkot, KRL dll. Integrasi antarmoda itu, menurutnya, akan semakin memudahkan aksesibilitas masyarakat untuk menggunakan LRT Jabodebek baik dari Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi.

Pada kesempatan yang sama, Dirut KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, ujicoba ini akan dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi dan perbaikan yang harus dilakukan sebelum nantinya beroperasi secara komersial. Ia mengungkapkan, pada ujicoba tahap pertama akan ada 22 perjalanan kereta per hari. Sedangkan pada uji coba tahap kedua akan ada 434 perjalanan kereta perhari, dimana 6 perjalanan diantaranya akan mengangkut penumpang yang telah mendaftar.

“Melalui ujicoba ini, kami sekaligus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada penumpang, serta ujicoba sistem ticketing, integrasi antarmoda, aksesibilitas, dan pengaturan parkir di area stasiun,” kata Didiek. Nantinya LRT Jabodebek akan beroperasi sebanyak 560 perjalanan dalam sehari pada hari kerja, dengan headway atau waktu tunggu kedatangan kereta rata-rata 3-6 menit.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved