Management Trends

Sucofindo Bantu 30 IKM Jabar Melakukan Proses Sertifikasi TKDN

PT Sucofindo memfasilitasi 30 IKM Jabar untuk proses sertifikasi TKDN. (Dok.PT Sucofindo)

PT Sucofindo berkolaborasi dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Jawa Barat memfasilitasi 30 pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) meraih Sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Direktur Komersial PT Sucofindo, Darwin Abas mengatakan, kegiatan sertifikasi TKDN difasilitasi oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian, sehingga perusahaan dapat medapatkan nilai TKDN yang dapat digunakan untuk proses e-katalog, berpartisipasi dalam pengadaan pemerintah sehingga meningkatkan pendapatan perusahaan membuatnya semakin maju. “Tujuan yang paling utama adalah peningkatan penggunaan produk dalam negeri,” ujar Darwin.

Dalam hal ini, PT Sucofindo melakukan workshop dokumen persyaratan usaha dan dokumentasi terkait TKDN mulai dari melakukan kurasi IKM dan mengadakan bimbingan teknis terkait penjelasan yang berkaitan dengan proses verifikasi TKDN.

Selain itu, melakukan audit tahap I untuk seluruh dokumen sertifikasi dan kecukupan penerapannya. Sedangkan audit tahap II, perseroan melakukan audit lapangan dalam rangka mendukung verifikasi kecukupan penerapan capaian TKDN dari para pemasok produsen.

Adapula analisa dan kalkulasi nilai TKDN, panel internal dan Kemenperin hingga melakukan pendampingan verifikasi TKDN pada Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas) khusus industri kecil sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 46 Tahun 2022.

Sementara itu, Kepala PT Sucofindo Cabang Bandung Revi Agustian mengatakan sebanyak 40 peserta verifikasi TKDN ditargetkan lolos kurasi TKDN, untuk mengikuti bimbingan teknis. I berharap pelaku industri dapat berkembang dan lebih maju sehingga ke depannya omzet perusahaan dapat meningkat dan menciptakan penambahan lapangan kerja yang baru. Selain itu, dapat mengoptimalisasikan bahan baku dalam negeri untuk mengurangi ketergantungan impor.

Revi kemudian menambahkan, ke depannya PT Sucofindo cabang Bandung diharapkan mampu meningkatkan kualitas layanan sebagai salah satu target utama yang mencakup peningkatan kecepatan dan akurasi proses inspeksi, pengujian, dan sertifikasi.

“Selain itu, akan tumbuh kolaborasi dengan industri dan lembaga terkait: menjalin Kerjasama yang lebih luas dengan industri dan lembaga terkait di Bandung untuk memperluas jaringan. Terlibat dalam kegiatan industri, seperti seminar atau konferensi, dan berpartisipasi dalam forum-forum yang relevan untuk membangun hubungan dengan pemangku kepentingan,” kata Revi dikutip dalam keterangan tertulis, Rabu (12/07/2023).

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved