Technology Trends

Blitz dan KingKong Hadirkan Solusi Armada Logistik Inovatif Ramah Lingkungan

Blitz Electric Mobility, perusahaan teknologi penyedia solusi end-to-end untuk logistik yang berkelanjutan bekerja sama dengan perusahaan e-grocery, KingKong Meats yang juga terafiliasi dengan Mitra Bukalapak. Melalui kerja sama tersebut, Blitz mentransformasikan armada pengiriman KingKong Meats menjadi armada elektrik sepenuhnya mulai Februari 2023 lalu.

Kerja sama tersebut menunjukkan komitmen dan kemampuan Blitz yang kuat, dalam memudahkan para pelaku bisnis untuk memiliki solusi logistik yang lebih murah, pintar, dan bisa diandalkan. Sehingga para pelaku bisnis yang menjadi mitra dapat lebih fokus menumbuhkan bisnis mereka secara totalitas.

“Kami berkomitmen mewujudkan pengiriman produk segar dan cepat untuk pelanggan serta meningkatkan efisiensi bisnis. Oleh karena itu, Blitz Electric Mobility dan KingKong Meats Mitra Bukalapak berkolaborasi dalam layanan pesan antar grocery online. Kami memiliki visi dan misi yang sama untuk memberikan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan,” ujar Saivya Chauhan, Pendiri dan CEO Blitz.

Saivya menjelaskan bahwa dalam era di mana terdapat beragam opsi pengiriman saat ini, perusahaan e-grocery seperti KingKong Meats perlu terus tumbuh dengan menarik pelanggan dan meningkatkan profitabilitas. Sehingga diperlukan layanan logistik yang dapat menciptakan efisiensi biaya dasar layanan pengiriman.

“Dengan menggunakan layanan Blitz, bisnis dapat langsung memanfaatkan keuntungan penggunaan kendaraan listrik yang lebih efisien, serta merencanakan rute dan waktu pengiriman secara lebih cerdas dan optimal,” lanjut Saivya. Dia menambahkan, selain mengoptimalkan efisiensi pengiriman, Blitz juga memahami pentingnya faktor biaya dalam keputusan pelanggan untuk melakukan pemesanan.

“Melalui harga yang disesuaikan dengan kinerja perangkat lunak (software) Fleet and Data Telematic (SaaS), kami berkomitmen untuk terus memenuhi kepuasan pelanggan,” ujar Saivya menambahkan.

Kolaborasi tersebut juga memungkinkan pemuatan barang kiriman lebih banyak hingga 180 kg (termasuk berat badan kurir) untuk setiap motor listrik Blitz. KingKong Meats kini juga bisa lebih fleksibel dan melayani pengiriman lebih dari 20 km, berkat adanya hub Blitz di berbagai kota yang melayani co-storage dan co-arrangement barang-barang pesanan pelanggan. Melalui teknologi ini, Blitz mampu mempersingkat waktu pengiriman sebanyak 16% dengan biaya per pengiriman lebih rendah sebesar 42% dan peningkatan level performa hingga 50%.

KingKong Meats didirikan pada 2021 dan menawarkan produk daging, telur, makanan beku, serta bumbu dapur berkualitas. Saat ini, perusahaan e-grocery tersebut melayani pelanggan yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. KingKong Meats sendiri adalah afiliasi dari Bukalapak, yang merupakan e-commerce Indonesia pertama yang melakukan IPO tahun 2021.

Terkait nilai pasar e-grocery, Indonesia dianggap sebagai salah satu pasar terbesar di Asia Tenggara. Statista memproyeksikan bahwa pasar e-grocery di Indonesia, yang pada 2022 diperkirakan mencatat total penjualan sebesar US$ 2,6 triliun, akan terus bertumbuh dan mencapai US$ 5,6 triliun di 2026.

Didirikan di 2019, Blitz Electric Mobility (Blitz Indonesia) adalah perusahaan penyedia solusi logistik end-to-end yang 100% berbasis teknologi, menawarkan armada motor listrik yang diperkuat oleh Fleet and Data Telematics Software as a Service (SaaS) untuk memberikan informasi analytics terkait pengelolaan armada, rekam kebiasaan dan kinerja kurir, pengaturan berat muatan, dan rute multi-drop. Sebagai perusahaan yang paham soal keberlanjutan, Blitz menjawab tuntutan ESG dari para mitra bisnis dengan pemberian hak pembelian kredit karbon langsung dari Blitz atas penggunaan armada mereka.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved