Trends Economic Issues

Pentingnya Kolaborasi untuk Wujudkan Net Zero Emission NZE Tahun 2060

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI Arifin Tasrif menargetkan Indonesia Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat. Oleh karena itu, penting adanya kolaborasi Pentahelix. “Kolaborasi dan kerja sama yang baik antarseluruh stakeholder juga sangat dibutuhkan untuk mendukung Indonesia dalam progress pembangunan EBT di dalam infrastruktur nasional,” ujarnya.

Hal tersebut diungkapkan Arifin ketika membuka acara Indonesia EBTKE ConEx 2023 ke-11. Dalam sambutannya dia juga mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk mempercepat NZE. Oleh karena itu, diperlukan program-program yang disusun secara matang. “Berbagai macam energi baru dan terbarukan (EBT) dapat dimanfaatkan dengan baik dan maksimal apabila infrastruktur jaringan dapat dibangun sesuai dengan perencanaan yang matang,” tuturnya.

Pada 2060 nanti diharapkan jaringan interkoneksi antar pulau bisa terbangun, sehingga seluruh masyarakat yang berada di pelosok juga bisa memperoleh sumber energi. Lebih lanjut, kata Arifin dengan infrastruktur yang mendukung, maka akan bisa disalurkan semua sumber potensi EBT,

Namun, untuk mencapai NZE juga ada rintangan lain dan juga bisa menjadi kesempatan besar, yaitu dari sisi teknologi, dimana pemanfaatan teknologi yang tepat akan bisa memberikan nilai tambah dan mempercepat mencapai NZE. Seperti teknologi yang bisa memanfaatkan reservoir-reservoir untuk menyimpan karbon, itu yang harus kita amankan, karena teknologi capturing (carbon) itu kompetitif, dan potensinya itu masih bisa terbuka sangat lebar.

Lebih lanjut, Arifin menjelaskan bahwa pemerintah tengah mendorong pemanfaatan EBT untuk mencapai target bauran energi dengan cepat, yaitu dengan merevisi atau membuat kebijakan-kebijakan terkait pemanfaatan EBT, seperti Rancangan Undang-Undang (RUU) Energi Baru Energi Terbarukan (EBET) yang saat ini sedang dalam proses pembahasan Daftar Induk Masalah (DIM), serta Peraturan Presiden mengenai tarif, dengan harapan akan memudahkan usaha dalam bidang EBT.

Dalam acara ini, juga dilaksanakan tujuh penandatangan kerja sama yang berkaitan dengan pengembangan energi bersih dan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM). Tujuannya untuk mendukung program Roadmap Toward Net Zero Emission 2060, kerjasama ini ditandatangani antara PT PLN (Persero) dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan disaksikan langsung oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Editor: Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved