Management Trends

Kolaborasi Jadi Kunci Pertumbuhan Pemanfaatan Energi Terbarukan

Dalam upaya menukung pemerintah dalam mencapai emisi rendah karbon tahun 2060, Xurya sebagai startup energi terbarukan yang memelopori metode Rp0 dalam pembiayaan PLTS Atap, meneken surat perjanjian kerja sama dengan PLN Icon Plus. Surat tersebut ditandatangani oleh Eka Himawan selaku Managing Director Xurya dan Ari Rahmat Indra Cahyadi selaku Direktur Utama PLN Icon Plus.

Isi dari surat perjanjian kerja sama ini mencakup banyak hal, namun tidak terbatas pada rencana kolaborasi bisnis untuk pemanfaatan EBT, penyediaan sistem photovoltaik, sistem manajemen energi, pengelolaan karbon, serta sertifikasi energi terbarukan. “Kami percaya kolaborasi menjadi salah satu kunci dalam mewujudkan net zero emission pada tahun 2060 mendatang,” ucap Ari dalam suaran pers di Jakarta (14/07/2023).

Perusahaan ini pun berkolaborasi aktif dengan banyak pihak, seperti pemerintah, pelaku industri, organisasi, dan bahkan universitas. Menurut Eka, kolaborasi ini menjadi langkah penting untuk memperkuat kerja sama dalam pengembangan dan implementasi projek-projek energi terbarukan, khususnya PLTS Atap di Indonesia. “Ke depan, kedua pihak akan saling berbagi pengetahuan, teknologi, dan sumber daya untuk meningkatkan efisiensi serta keberlanjutan sektor energi di Indonesia,” imbuh Eka.

Ari mengaku pihaknya komit bersinergi kuat dengan berbagai mitra, termasuk Xurya, guna mengembangkan potensi energi terbarukan di Indonesia dan mendorong transisi ke energi bersih yang berkelanjutan. “Bersama-sama, kami akan mempercepat adopsi energi terbarukan dan membangun masa depan yang lebih baik bagi Indonesia,” dia menambahkan.

PLN Icon Plus akan memberikan akses Xurya ke infrastruktur dan jaringan distribusi mereka, memungkinkan implementasi proyek-proyek energi terbarukan dengan cepat dan efektif. PLN Icon Plus juga akan memberikan dukungan regulasi dan perizinan yang diperlukan untuk mengamankan projek-projek ini.

Kedua belah pihak sepakat bahwa kerja sama ini akan berkontribusi signifikan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan mempercepat transisi ke energi bersih di Indonesia. Mereka juga berkomitmen untuk mempromosikan penggunaan energi terbarukan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keberlanjutan energi.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved