Marketing Trends

Roti Kapiten Buka Peluang Bisnis Roti dan Donat dengan Margin 300%

Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, menemukan peluang bisnis yang unik dan menguntungkan menjadi tantangan tersendiri bagi para pengusaha. Salah satu pilihan bisnis yang menjanjikan adalah bisnis kemitraan Roti Kapiten, merek bisnis kemitraan yang menyajikan roti, kopi, donat, dan minuman kopi dalam satu tempat.

Roti Kapiten telah sukses melewati badai pandemi yang melanda dunia beberapa waktu lalu dan kini semakin meluas ke seluruh penjuru nusantara. Setelah sukses membuka cabang di Papua, pada Juni 2023, Roti Kapiten kembali buka cabang baru di Banda Aceh.

Gerai Roti Kapiten yang berlokasi strategis di Tugu Simpang Lima Banda Aceh menawarkan konsep kafe yang eksotik dengan suasana outdoor yang segar. Dengan menu pilihan seperti roti kopi 4 rasa, roti gembong, donat premium, dan kopi nikmat, gerai Roti Kapiten Banda Aceh berhasil mencapai omzet harian mencapai angka Rp 3 jutaan lebih per hari.

Prestasi tersebut tidak dapat disia-siakan, terutama karena bisnis ini mampu memberikan margin keuntungan hingga mencapai 300%. Cik Rosa, salah satu mitra Roti Kapiten Banda Aceh, berharap dan berdoa agar omzet terus meningkat dan gerai cabang baru dapat segera dibuka di sekitar Aceh.

Bisnis kemitraan Roti Kapiten menawarkan peluang bisnis yang menarik bagi siapa saja yang sedang mencari alternatif dalam industri roti dan donat. Salah satu perbedaan utama Roti Kapiten dengan bisnis kemitraan sejenis terletak pada produk yang ditawarkan. Roti Kapiten memiliki empat menu yang belum dimiliki oleh bisnis sejenis di kelasnya.

Keuntungan lain yang ditawarkan oleh bisnis kemitraan Roti Kapiten adalah peluang untuk memiliki lebih dari satu bisnis di satu lokasi gerai. Dibandingkan dengan hanya memiliki satu atau dua bisnis menu saja, memiliki empat bisnis di satu tempat tentu memberikan keuntungan yang lebih besar.

Tidak hanya diminati di dalam negeri, peminat bisnis kemitraan Roti Kapiten juga datang dari negara tetangga seperti Malaysia, Brunei Darussalam, bahkan ada minat dari perwakilan Dubai untuk membuka gerai Roti Kapiten. Hal ini menunjukkan potensi bisnis sejenis yang sangat menarik di pasar internasional.

Meskipun saat ini Roti Kapiten masih fokus di pasar dalam negeri, CEO dan Cofounder Roti Kapiten Cak Hadi menjelaskan bahwa dengan dukungan dari mitra investor besar atau venture capitalist, mereka siap untuk merambah ke seluruh penjuru dunia. Harapannya adalah Roti Kapiten dapat menjadi salah satu merek nasional yang go global.

“Profit bisnis roti dan donat Roti Kapiten cukup tinggi dibanding bisnis kuliner lainnya. Contohnya, Roti Kopi Bunz Meksiko yang dikenal dengan khas bau kopinya memiliki Harga Pokok Produksi (HPP) sekitar Rp 2.000 per pcs dengan harga jual sekitar Rp 9.000 per pcs, menghasilkan margin keuntungan lebih dari 300%. Donat Premium dengan tekstur lembut setara donat di mal-mal juga menjadi produk terlaris di semua cabang Roti Kapiten dengan HPP sekitar Rp 2.000 per pcs dan harga jual sekitar Rp 8.000 per pcs, atau Rp 35.000-40.000 per box isi 6. Sedangkan Roti Gembong memiliki HPP sekitar Rp 5.000 per pcs dengan harga jual pasaran sekitar Rp 17.000 per pcs,” jelas Cak Hadi dalam siaran persnya (12/07/2023).

Dengan perhitungan ini, keuntungan yang didapatkan setiap gerai cabang Roti Kapiten dapat mencapai maksimal, karena tidak ada beban biaya pengiriman yang signifikan. Mitra dapat mencapai Break Even Point (BEP) dalam waktu 14 bulan dengan omzet minimal sebesar Rp 2,5 juta. Mitra hanya perlu membeli bahan inti dari pusat Roti Kapiten, sementara bahan lainnya dapat dibeli di pasar terdekat dengan tetap memperhatikan standar operasional yang telah ditetapkan oleh pusat Roti Kapiten. Pusat Roti Kapiten juga mewajibkan mitra untuk mengalokasikan anggaran pemasaran dan iklan sendiri untuk kebutuhan penjualan gerai masing-masing.

Yang menarik adalah untuk 25 mitra pertama, Roti Kapiten memberikan kebebasan kepada mitra untuk tidak dikenakan biaya royalti fee dan franchise fee. Hal ini berarti mitra dapat memperoleh 100% keuntungan tanpa adanya potongan dari pusat. Keberpihakan tersebut merupakan bentuk pelayanan dan kebijakan yang sangat menguntungkan bagi mitra Roti Kapiten. Selain itu, pusat Roti Kapiten memberikan dukungan penuh dalam hal bantuan lokasi, rekrutmen karyawan, pelatihan, pembukaan gerai, dan pendampingan. Dalam bisnis sejenis, opsi bagi hasil atau sharing profit biasanya menjadi pertimbangan nomor dua, namun dengan Roti Kapiten, mitra dapat memperoleh keuntungan secara penuh tanpa perlu membaginya dengan pihak lain.

Cak Hadi mengungkapkan bahwa bisnis ini memberikan kemudahan dan keuntungan maksimal bagi para mitra. Ia juga berharap bahwa Roti Kapiten dapat menjadi salah satu merek nasional yang go global. “Bagi para pengusaha yang tertarik dengan peluang bisnis roti dan donat dengan margin 300%, Roti Kapiten adalah pilihan yang tepat,” ujarnya mengklaim.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved