Technology Trends

Finnet Gaet Indomaret Perluas Penetrasi E-meterai Hingga Pelosok Negeri

Sejak resmi diperkenalkan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Oktober 2021, penggunaan e-meterai perlahan, namun pasti kian meningkat. E-Meterai memiliki kedudukan yang sama dengan meterai tempel sebagai alat pembayaran pajak atas dokumen elektronik dan diakui secara sah oleh hukum.

Peruri sebagai BUMN penyedia E-meterai bekerja sama dengan PT Finnet Indonesia (Finnet) sebagai salah satu distributor e-meterai. Dalam perjalanannya untuk memperluas penetrasi e-meterai ke masyarakat umum, Finnet menggandeng PT Klik Indomaret Sukses (KIS) sebagai salah satu channel distribusi yang ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara Finnet dengan Indomaret.

Finnet yang merupakan anak usaha dari PT Telkom Indonesia (Telkom) memiliki tujuan untuk mendorong ekosistem digital di Indonesia, dalam hal ini transaksi keuangan. Direktur Utama Finnet Rakhmad Tunggal Afifuddin menyampaikan dalam mendigitalkan Indonesia bukanlah hal yang mudah. Hal itu dibutuhkan kerja sama dari banyak pihak untuk dapat menyukseskannya.

“Tak bisa dipungkiri, digitalisasi memberikan kemudahan dalam kehidupan kita sehari-hari. Dulu kalau dokumen resmi itu perlu menggunakan materai fisik, sekarang materai sudah berbentuk digital,” jelas sosok pria yang akrab disapa RTA. RTA menambahkan optimismenya kerja sama dengan Indomaret mampu memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam pembelian e-meterai, “Indomaret dengan persebaran outletnya dari Sabang sampai Merauke membuat saya yakin kalau penetrasi e-meterai ini akan masif. Menjadi tugas kita bersama untuk mengedukasi dan memudahkan bangsa kita sendiri,” tambahnya.

Indomaret juga melanjutkan inovasi dan perkembangan layanan yang semakin memudahkan masyarakat di era digitalisasi ini. Untuk memperoleh e-meterai di Indomaret ini mudah. “Konsumen dapat langsung menuju ke kasir dan sampaikan bahwa ingin membeli e-meterai. Selesaikan transaksi sampai keluar struk. Kemudian, silakan scan QR Code pada struk pembelian menggunakan handphone pembeli. Upload dokumen dan bubuhkan e-meterai pada posisi yang diinginkan. Jika telah sesuai, konfirmasi dan silakan unduh dokumen yang telah dibubuhkan e-meterai,” terang Marketing Communication Executive Director PT Indomarco Prismatama (Indomaret) Bastari Akmal.

Pada kesempatan yang sama, PERURI mendukung kerja sama antara Finnet dan Indomaret dalam upaya memperluas pemanfaatan e-meterai di seluruh Indonesia. Kerja sama ini dilakukan untuk mendukung inovasi dan kemajuan teknologi dalam mempermudah proses transaksi bagi masyarakat. Dalam era digital seperti sekarang, transaksi elektronik semakin populer dan menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Penyediaan layanan pembelian e-meterai melalui Indomaret, akan lebih memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi.

“Kerja sama ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat, terutama dalam hal kemudahan, kenyamanan dan ketersediaan e-Meterai. Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga, serta mengurangi biaya transportasi yang diperlukan” ujar Farah Fitria Rahmayanti, Head of Strategic Business Unit Digital PERURI dalam keterangan resminya (17/07/2023).

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved