Technology Trends

Pelaku Bisnis, Pemerintah Hingga Komunitas Menggencarkan Tabletop Game

Peserta memainkan tabletop game. Kolaborasi bisnis dipacu untuk menyemerakkan tabletop game. (Foto : Istimewa).

Utut Adianto, Cerdas Barus atau Susanto Megaranto dikenal sebagian Grandmaster andalan Indonesia yang sering memenangkan perlombaan catur di tingkat regional maupun internasional. Selain kompetisi catur, contoh kompetisi tabletop game yang juga dikenal luas adalah mahjong dan domino.

Jakarta Tabletop Expo (JTE) sebagai sebuah wadah berupaya menciptakan dan membangun wadah untuk mengembangkan industri tabletop game untuk menyemerakkan serta meningkatkan jumlah atlet tabletop di Indonesia,. “Caranya berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, mulai dari komunitas, pelaku bisnis, pemerintah hingga akademisi,´ujar Cherlie Andriani, Project Manager JTE di Jakarta, Kamis (20/07/2023).

Pada akhir pekan lalu, JTE menggelar kick off JTL di Jakarta Barat. Kompetisi ini mempertemukan peserta kompetisi permainan Splendor dan Kompetisi permainan Cascadia. Cherlie menyampaikan hal ini merupakan awal permulaan dari rangkaian penyelenggaraan JTL yang akan diselenggarakan melalui kolaborasi kerja sama dengan game store atau cafe di beberapa kota di Indonesia. “Program lain yang merupakan hasil kolaborasi dengan mahasiswa S1 Branding Universitas Prasetiya Mulya adalah JTE Goes to School yaitu sebuah rangkaian acara, JTE akan hadir di sekolah-sekolah di area Jakarta untuk memperkenalkan tabletop games kepada siswa,” tuturnya.

Melalui acara ini, JTE berharap bisa menanamkan bibit-bibit atlet T-sport pada generasi muda Indonesia yang nantinya bisa membawa nama Indonesia ke kancah internasional melalui prestasinya di bidang olahraga tablet Sebelumnya, JTE 2022 berhasil mempertemukan dan menyatukan lebih dari 1.000 pemain, 37 komunitas, 8 kreator lokal, publisher, dan distributor tabletop games di Indonesia untuk bermain bersama dengan 200 koleksi permainan Selain bermain bersama, JTE 2022 juga sukses menyelenggarakan Splendor National Tournament dengan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Menuju puncak acara Jakarta Tabletop Expo 2023 yang akan diselenggarakan di Mall Taman Anggrek, Jakarta, pada 13-19 November 2023.

Terdapat beberapa rangkaian acara JTE 2023 yaitu JTE T-sport League (JTL) dan JTE Goes to School. Kedua rangkaian acara ini berkolaborasi dengan mahasiswa S1 Branding Universitas Prasetiya Mulya sebagai salah satu bentuk konkret institusi pendidikan mendukung perkembangan industri board games Indonesia.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved