Marketing Trends

400 Mahasiswa Ikut Kompetisi Pemasaran Kreatif Jawara Muda

Industri pemasaran kreatif makin berkembang pesat dan dibutuhkan talenta pemasaran kreatif yang mumpuni. Menurut Occupational Outlook Handbook yang dirilis Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat, pertumbuhan karier di bidang pemasaran secara global akan tumbuh 10% sejak 2020 hingga 2030.

Menurut riset tersebut juga, banyak talenta pemasaran kreatif dipekerjakan oleh agensi-agensi pemasaran, periklanan dan juga departemen pemasaran dan branding, sehingga perlu adanya pengembangan bakat oleh berbagai institusi terkait.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencari dan mencetak talenta pemasaran kreatif di Indonesia. Salah satunya dengan kolaborasi berbagai institusi, baik dari sektor pendidikan maupun sektor pemasaran kreatif. Jawara Muda, sebuah kompetisi kreatif untuk mahasiswa terbesar yang prestisius tahun ini telah menyelesaikan pencarian talenta pemasaran dan komunikasi digital baru dari universitas-universitas terkemuka di Indonesia.

Tahun ini, Jawara Muda, yang diadakan oleh REDComm Indonesia, agensi pemasaran digital yang berpengalaman selama 20 tahun, dengan bangga berkolaborasi dengan platform e-commerce khusus untuk produk-produk kecantikan, Sociolla, serta berbagai institusi ternama seperti Asprodi DKV, Aspikom, Kompas, dan Medio.

“Semua pelaku industri kreatif khususnya periklanan pasti setuju bahwa salah satu tantangan terbesar industri kita adalah talenta yang mumpuni. Jadi, kami ingin menjadi bagian dari solusinya. Dengan Jawara Muda, tidak hanya mahasiswa yang mendapatkan langsung pengalaman terlibat dalam projek yang nyata dengan para praktisi senior, industri pun akan mulai mendapatkan talenta baru dan segar, serta secara menyeluruh meningkatkan gairah industri periklanan ke generasi berikutnya,” Damon Hakim, Managing Partner Red Asia Inc.

Kompetisi ini terdiri dari dua kategori, yaitu Creative Brand Campaign dan Graphic & Motion Design dan diikuti oleh lebih dari 200 pasang mahasiswa berbagai perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Para peserta memberikan antusiasme tinggi untuk menampilkan ide-ide besar mereka di depan para praktisi berpengalaman di bidang pemasaran dan industri kreatif. Didukung juri yang terdiri dari para ahli berpengalaman dari bidang kreatif, komunikasi, dan pemasaran, serta akademisi, kompetisi ini menjadi ujian keterampilan dan kreativitas yang sesungguhnya untuk mengasah keterampilan mereka di dunia profesional nantinya.

Selain itu, kompetisi ini menjadi platform bagi para finalis untuk menerima pendampingan dan bimbingan yang berharga dari para ahli di bidangnya, membantu mereka menciptakan ide dan kampanye kreatif berkualitas tinggi yang dirancang khusus untuk Sociolla, sebuah platform belanja online untuk produk kecantikan.

Sebagai perusahaan beauty-tech, Sociolla mengedepankan inovasi dan kreativitas dalam bisnis kami untuk memberikan pengalaman belanja kecantikan. “Kami senang dapat mendukung kompetisi Jawara Muda untuk mengembangkan para talenta muda kreatif Indonesia. Melalui ajang ini, kami berharap dapat semakin memacu kreativitas serta semangat lebih banyak lagi anak muda guna menciptakan berbagai inovasi lainnya untuk memajukan Indonesia,” jelas Chrisanti Indiana, Co-founder & CMO Sociolla.

Selain kesempatan untuk bekerja langsung dengan para ahli, para finalis juga berkesempatan untuk mempresentasikan ide mereka kepada khalayak yang lebih luas, termasuk profesional industri, calon pemberi kerja, dan sesama mahasiswa.

Kompetisi ini tidak hanya merayakan kreativitas tetapi juga sebagai platform untuk berjejaring dan menghubungkan individu-individu dalam pemasaran dan industri kreatif. “Program ini membantu mahasiswa untuk merasakan projek pada dunia kerja sesungguhnya, sehingga mereka bisa mulai terlatih sebelum menyelesaikan kuliahnya. Ditambah dengan supervisi dan panduan dari mentor yang sangat ahli di bidangnya, akan memperkaya pengalaman dan memperdalam cara pikir mereka secara tajam dan sesuai kebutuhan di dunia kerja nyata,” Yuwi Anjaya, Managing Director Scarlet Salmon Red, REDComm Indonesia.

Tahun ini, kompetisi Jawara Muda ini dimenangkan oleh pasangan Grace & Patrick dari Universitas Indonesia untuk kategori Creative Brand Campaign, serta pasangan Anindita & Zhaffira dari Universitas Sebelas Maret untuk kategori Graphic & Motion Design. Para pemenang mendapatkan hadiah dengan total puluhan juta Rupiah, serta kesempatan untuk magang dan pekerjaan tetap langsung selepas masa magang tersebut.

“Kegiatan dan talenta bagus serta inspirasi bertemu inovasi. Jawara Muda telah memicu munculnya para mahasiswa brilian yang menciptakan kreativitas dan kesuksesan. Saya juga percaya kegiatan ini akan terus membuka jalan untuk masa depan cerah di ranah agensi digital,” Kuswantoro, Managing Director REDComm Indonesia dan Trigr.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved