Marketing Trends

Wapres Dukung Daerah Kembangkan Wisata Halal

Kegiatan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Rakernas Apkasi) Tahun 2023 yang bersamaan pameran Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2023 dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, di Nusantara Hall, ICE BSD Kabupaten Tangerang (20/07/2023).

Dalam kesempatan memberikan sambutan pengantar, Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyampaikan selain penambahan dana dari pusat melalui DAU dan DAK, pemerintah daerah berupaya mencari sumber pendapatan lain untuk pembangunan, salah satunya adalah melalui perdagangan dan investasi. “Sebagai bentuk peran dan fungsi Apkasi dalam memfasilitasi peningkatan kapasitas anggotanya, termasuk memfasilitasi kebangkitan perekonomian, Apkasi telah melaksanakan sejumlah forum bisnis yang mempertemukan pemerintah daerah dengan para buyer dan investor potensial,” ungkapnya.

Selain itu, imbuh Sutan Riska, Apkasi saat ini sedang merancang forum perdagangan antardaerah yang melibatkan asosiasi-asosiasi pengusaha untuk pemenuhan suplai dan demand di daerah. Tujuannya untuk menekan keran impor kebutuhan pokok dan mendukung program pemerintah dalam menstabilkan harga bahan pokok. “Ketika pasokan kurang, harga akan naik. Maka, dengan adanya perdagangan antar daerah kami meyakini, pemenuhan kebutuhan masyarakat di daerah akan terpenuhi secara merata,” lanjutnya.

Hasilnya bisa dirasakan dalam penanganan Covid-19 yang meluluhlantakkan perekonomian nasional lebih dari 2,5 tahun nyatanya bisa ditangani dengan manajemen yang baik. Pembangunan infrastruktur yang masif hampir di seluruh daerah juga sangat mendorong konektifitas transportasi antardaerah sehingga pemulihan ekonomi di daerah bisa berjalan lebih cepat lagi. “Serta, adanya Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah yang rutin dilaksanakan setiap minggunya kami rasakan besar manfaatnya agar kami bisa menjaga inflasi di daerah tetap terkendali,” katanya.

Pada kesempatan ini, Sutan Riska juga melaporkan bahwa setelah pembukaan oleh Wakil Presiden, para bupati yang hadir akan melaksanakan rakernas guna membahas permasalahan-permasalahan strategis bersama beberapa menteri terkait. Sutan menambahkan, secara khusus akan membahas kesiapan Pemerintah Kabupaten dalam menyongsong Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 dengan harapan dapat terselenggara dengan lancar, aman dan kondusif.

Sutan Riska sambil menjelaskan selain rakernas, secara bersamaan digelar pameran komoditi dan investasi unggulan daerah yang diikuti 150 pemerintah kabupaten, 3 pemerintah provinsi, 2 kementerian,15 BUMN, 7 perusahaan nasional dan multinasional serta 30 UMKM yang menempati 248 stan.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mengapresiasi langkah Apkasi menggelar dua acara strategis sekaligus. “Kita patut bersyukur bahwa kinerja Indonesia yang diawaki oleh pemerintah pusat dan daerah secara serentak ini di dalam negeri terasa dan di luar negeri diakui. Terbukti pertumbuhan ekonomi sebagai indikatornya masih terjaga di atas 5%. Dan setelah dikomparasi dengan negara lainnya kita terbaik di dunia yang catatan pertumbuhan ekonomi masih bertumbuh di tengah beberapa negara mengalami resesi. Ini artinta ekonomi kita bergerak,” imbuhnya.

Kemudian, harga barang dan jasa yang ditandai tingkat inflasi, imbuh Tito, di mana tahun lalu mencapai 5% dan berkat kerjasama dan kerja keras para kepala daerah yang terus bergerak, hasilnya menunjukkan tren menurun hingga kini mencapai 3,05%. “Angka ini sesuai target Presiden Jokowi dan ini angka yang seimbang, menyenangkan baik bagi produsen maupun konsumen. Ini bagus ditandai dengan ketersediaan bahan makanan yang cukup di masyarakat,” katanya.

Mendagri Tito mengapresiasi langkap Apkasi menghadirkan pameran komoditas daerah melalui AOE. ”Kegiatan Apkasi ini kita support karena mendorong pertumbuhan UMKM dan kami minta para bupati mendorong UMKM-nya didaftarkan ke dalam sistem e-Katalog LKPP dan setelah itu pemerintah daerah bersama K/L, sesuai arahan Presiden membelanjakan 40% barang, jasa dan modal produk dalam negeri, sehingga ekonomi hidup, dan setelah hidup maka bisa diarahkan untuk memiliki daya saing dan daya dobrak, ke pasar internasional,” ucapnya.

Lebih lanjut Wapres menuturkan, guna mewujudkan otonomi daerah yang bermanfaat bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten diharapkan dapat terus meningkatkan gagasan dan langkah inovatif, baik pada tataran kebijakan maupun penggunaan anggaran yang tepat guna, sehingga pertumbuhan ekonomi daerah yang inklusif dan berkelanjutan dapat terwujud. “Pastikan implementasi program dan anggaran yang efektif dan akuntabel hingga di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa, sebagai ujung tombak perangkat pemerintah yang berhubungan langsung dengan masyarakat,” tegas Wapres.

Wapres juga meminta Pemerintah Kabupaten agar terus mendorong terciptanya ekosistem usaha yang sehat dan ramah investor di daerahnya. “Terus perkuat rantai pasok lokal dan akses pasar hingga mampu menjangkau pasar nasional hingga global,” imbuhnya.

Selanjutnya, Wapres meminta pemerintah kabupaten untuk fokus kepada komoditas-komoditas unggulan dari hulu ke hilir secara terpadu serta memperkuat peluang di bidang ekonomi dan keuangan syariah. “Kontribusi kabupaten dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah akan menentukan keberhasilan kita dalam mewujudkan visi menjadi Pusat Halal Dunia pada tahun 2024,” urai Wapres.

Terkait Apkasi Otonomi Expo, Wapres memberikan arahan kepada para pemimpin daerah agar ajang ini dimanfaatkan untuk mempromosikan destinasi wisata, komoditas, dan investasi unggulan daerah, tidak terkecuali produk dan jasa halal, seperti makanan dan minuman, fesyen, farmasi, kosmetik dan wisata halal.

“Banyak kabupaten yang memiliki potensi wisata yang layak dikembangkan untuk menarik investor, menumbuhkan ekonomi kreatif, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan penghasilan warga setempat, sekaligus melestarikan budaya lokal,” tutur Wapres sambil menambahkan, “Selain itu, wisata halal juga layak untuk dikembangkan mengingat jumlah wisatawan muslim dunia terus melonjak, hingga mencapai 110 juta wisatawan pada tahun 2022.”

Setelah prosesi pembukaan usai, kegiatan dilanjutkan dengan Rakernas XV Apkasi Tahun 2023 yang diawali dengan arahan para menteri terkait. Di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang membahas strategi pemerintah dalam pengendalian inflasi. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan memberikan paparan highlight perekonomian nasional dan peta pengembangan industri di Indonesia.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved