Marketing Trends

EdenFarm Persenjatai Pengusaha Kuliner dengan Strategi Konten Medsos

Kembali hadir berbagi edukasi kepada para pengusaha kuliner, startup layanan B2B food-service, EdenFarm mengadakan Sahabat Eden Community Gathering di Pasren Asthana, Jakarta (18/07/2023). Acara rutin ini sebagai wadah untuk mempererat keakraban dengan para pelanggannya serta menyampaikan informasi terkini dari program-program perusahaan tersebut.

Pada kesempatan kali ini, Chef Harry Nugraha, chef di maskapai asing Saudi Arabia Airlines yang juga content creator hadir untuk membagikan tips & tricks dalam memaksimalkan branding usaha kuliner dalam konten media sosial (medsos) bagi pelanggan EdenFarm dari berbagai segmen usaha kuliner.

“Selama 6 tahun, EdenFarm telah hadir sebagai solusi pemenuhan kebutuhan kuliner mitra pelanggan khususnya dalam produk hortikultura. Kami mendukung maksimal operasional kebutuhan bisnis kuliner mitra dengan menghadirkan program Eden Rewards, yang mana para pelanggan berkesempatan mendapatkan berbagai keuntungan baik dari segi harga produk maupun efisiensi waktu pengiriman bahan dengan berbelanja melalui aplikasi EdenFarm, ” tutur Mokhamad Rizky Utama, VP of Culinary EdenFarm.

Eden Rewards merupakan program apresiasi bagi para pelanggan setia EdenFarm yang dikhususkan untuk segmen bisnis kuliner tradisional, pasar basah dan horeka (hotel, restoran dan kafe). Program loyalitas ini memberikan kesempatan bagi para pelanggan untuk mendapatkan layanan prioritas, voucher diskon hingga bonus EdenPoint. Terdapat tiga level EdenRewards yang bisa dicapai oleh para pelanggan, yaitu, pemula, juragan dan konglomerat. Semakin tinggi level yang diraih, para pelanggan berkesempatan untuk mendapatkan emas mulia dalam program Kejutan Karung Bawang sesuai dengan termin dan kondisi yang berlaku.

Sebelum sharing session dimulai, Reny selaku pemilik usaha kuliner Pesona Catering, berbagi kisah suksesnya menjadi pelanggan EdenFarm sejak tahun 2021. “Bisnis kuliner saya terbantu dengan adanya EdenFarm, khususnya dalam pengiriman produk karena cepat dan on time, alhasil bahan pangan masih sangat segar dan waktu operasional a tidak terganggu, bahkan bisa dimulai lebih awal,” tutur Reny yang juga merupakan mitra pelanggan EdenFarm level juragan, berhasil mendapatkan reward 1 gram logam mulia dari program EdenRewards.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sharing session. Dalam sesi ini, Chef Harry menjelaskan bahwa kunci utama agar konten berhasil mendapat perhatian audience adalah menjaga konsistensi dalam melakukan postingan. Dengan perkembangan minat serta tren konten yang semakin bervariatif, para pebisnis kuliner bisa melakukan genre konten yang variatif untuk mendukung penjualan bisnis kuliner. “Tidak harus terpatok dengan konten yang edukatif, namun bisa digabungkan dengan konten yang interaktif seperti behind the scene dalam membuat hidangan makanan, konten pembanding before-after dan konten tanya jawab seputar usaha kuliner terkait,” jelas Chef Harry.

Selain menjaga konsistensi, perencanaan konten juga merupakan elemen penting untuk diperhatikan oleh pebisnis kuliner. Chef Harry menegaskan bahwa mengatur jadwal unggah hingga menyiapkan hastag yang dipakai, sudah menampilkan bahwa konten sudah dipersiapkan dengan baik. “Setiap konten yang mau diunggah, ada baiknya untuk menggunakan caption serta call to action yang mudah diikuti oleh audience. Konten yang dikemas dengan rapi dan sesuai dengan nilai usaha kuliner yang ditawarkan akan menarik perhatian calon pelanggan untuk melihat atau bahkan membeli produk kuliner tersebut,” paparnya.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved